Dosen Kampus Itera Lampung Teliti Panas Bumi Unik di Pulau Bangka

- 31 Januari 2021, 23:33 WIB
Dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera) dari Program Studi Fisika, Rahmat Nawi Siregar, melakukan penelitian di salah satu sumber panas bumi di Pulau Bangka.
Dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera) dari Program Studi Fisika, Rahmat Nawi Siregar, melakukan penelitian di salah satu sumber panas bumi di Pulau Bangka. /Rilis/Metro Lampung News/ Alfanny Pratama

PR Metro Lampung News-- Adanya sumber panas bumi umumnya identik dengan keberadaan gunung api dan tingkat seismisitas di suatu daerah. Di Indonesia, sumber panas bumi banyak tersebar di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa dan pulau – pulau lain yang banyak dijumpai gunung api.

Namun, terdapat suatu fenomena yang cukup langka dan unik yaitu tersebarnya panas bumi di Pulau Bangka, Kepulauan Bangka Belitung yang tidak memiliki gunung api dan tingkat seismisitas rendah. Di Pulau ini, cukup banyak sumber panas bumi, seperti di daerah Terak, Nyelanding, Dendang, Pemali, Permis dan Keretak.

Fenomena unik tersebut menarik minat salah satu dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung dari Program Studi Fisika, Rahmat Nawi Siregar, melakukan penelitian di salah satu sumber panas bumi di Pulau Bangka.

Nawi, melakukan penelitian di sumber panas bumi di desa Keretak dan desa Terak.

Menurut Nawi, panas bumi di Pulau Bangka berbeda dengan panas bumi di Indonesia pada umumnya.

Baca Juga: Dentuman di Lampung, Peneliti Pastikan Batu Mengandung Logam, Itera Teliti Batu Meteor di Lampung Tengah

Baca Juga: KNKT Libatkan Pusat Riset Perkeretaapian Itera Kaji Keamanan Jembatan Kereta Api di Indonesia

Panas bumi di Pulau Bangka termasuk ke dalam kelompok panas bumi radiogenik yang diakibatkan adanya peluruhan unsur radioaktif seperti uranium, thorium dan potassium yang dikandung oleh batuan di sekitar panas bumi.

Unsur – unsur ini umum ditemukan pada batu granit yang sangat melimpah di Pulau Bangka.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Itera


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah