Jelaskan dan Beri Contohnya Satu Tentang Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya

- 29 Februari 2024, 20:59 WIB
Jelaskan dan Beri Contohnya Satu Tentang Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya
Jelaskan dan Beri Contohnya Satu Tentang Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya /

PR Metro Lampungg News-- Kalian akan tahu info jawaban soal jelaskan dan beri contohnya satu tentang faktor penghambat perubahan sosial budaya.

Faktor penghambat perubahan sosial budaya adalah hal-hal yang menghambat atau menghalangi terjadinya perubahan dalam nilai-nilai, norma-norma, dan pola-pola perilaku dalam suatu masyarakat. Beberapa contoh faktor penghambat perubahan sosial budaya antara lain:

1. Konservatisme Budaya: Ketika masyarakat atau kelompok-kelompok tertentu mempertahankan nilai-nilai, norma-norma, dan tradisi yang sudah ada sejak lama tanpa terbuka terhadap perubahan. Contohnya adalah ketika suatu kelompok masyarakat menolak untuk menerima teknologi baru karena menganggapnya bertentangan dengan nilai-nilai tradisional mereka.

2. Resistensi terhadap Perubahan: Individu atau kelompok yang merasa nyaman dengan status quo dan tidak ingin mengubah pola perilaku atau tatanan sosial yang ada. Misalnya, pekerjaan berat yang dilakukan secara tradisional oleh suatu kelompok tertentu mungkin dianggap sebagai identitas budaya mereka, sehingga mereka menolak untuk mengadopsi teknologi atau praktik baru yang dapat mengubah cara mereka bekerja.

3. Ketidakpastian dan Ketakutan: Orang seringkali takut akan perubahan karena mereka tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan atau merasa khawatir bahwa perubahan tersebut akan merugikan mereka secara pribadi atau kelompok mereka. Contohnya adalah ketika masyarakat menolak untuk mengubah sistem pendidikan karena khawatir bahwa perubahan tersebut akan merugikan mutu pendidikan anak-anak mereka.

4. Ketergantungan terhadap Tradisi: Beberapa masyarakat atau kelompok mungkin sangat terikat pada tradisi dan ritual-ritual yang telah ada sejak lama, sehingga sulit bagi mereka untuk menerima perubahan yang melibatkan penghapusan atau modifikasi tradisi-tradisi tersebut. Contohnya adalah ketika suatu masyarakat menolak untuk mengubah ritual keagamaan mereka meskipun telah ada bukti yang menunjukkan bahwa ritual tersebut berpotensi membahayakan kesehatan atau lingkungan.

5. Ketidakmampuan atau Kurangnya Sumber Daya: Beberapa masyarakat mungkin tidak memiliki akses atau sumber daya yang cukup untuk mengadopsi perubahan, seperti teknologi baru atau pendekatan pendidikan yang inovatif. Kurangnya sumber daya ini dapat menjadi penghambat bagi perubahan sosial budaya yang lebih luas. Contohnya adalah ketika masyarakat di daerah pedesaan tidak memiliki akses yang memadai terhadap pendidikan atau layanan kesehatan karena keterbatasan infrastruktur.

Faktor-faktor ini dapat menjadi penghalang bagi perubahan sosial budaya yang lebih baik dan berkelanjutan dalam suatu masyarakat. Untuk mengatasi penghambat ini, seringkali dibutuhkan pendekatan yang komprehensif dan kolaboratif yang melibatkan berbagai pihak dalam masyarakat.

Sekian info jelaskan dan beri contohnya satu tentang faktor penghambat perubahan sosial budaya. ***

Editor: Hanisaul Khoiriyah


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah