Resmi Dikukuhkan, FJPI Wadah Forum Jurnalis Perempuan Pertama di Lampung

- 6 Maret 2022, 18:09 WIB
Pengukuhan tiga wilayah FJPI NTB, Kaltim dan Lampung
Pengukuhan tiga wilayah FJPI NTB, Kaltim dan Lampung /Rilis/

PRMN Metro Lampung-- Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI), Uni Lubis secara resmi mengukuhkan tiga cabang baru FJPI, yaitu Kalimantan Timur (Kaltim), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Lampung untuk periode 2022-2025.

Pengukuhan tersebut dilakukan secara virtual yang dihadiri pengurus dan anggota FJPI seluruh Indonesia, Sabtu 5 Maret 2022.

Dengan tambahan tiga cabang baru ini, maka FJPI telah memiliki 14 cabang sejak kali pertama didirikan di Medan, Sumatera Utara, 22 Desember 2007 lalu.

"Bersama ini, saya selalu Ketua Umum Forum Jurnalis Perempuan Indonesia mengukuhkan tiga cabang baru FJPI yaitu Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat dan Lampung," ujarnya.

Uni berharap kehadiran tiga cabang baru ini bisa mendapatkan manfaat dari keikutsertaannya di FJPI. Kepada tiga pengurus cabang baru tersebut, Uni menitipkan empat pesan yang dengan harapan bisa meningkatkan kualitas jurnalis di FJPI.

Pertama, adalah profesional dalam meliput isu apapun. Menurutnya, jika perempuan ingin dianggap setara maka tidak boleh memilih-milih tugas jurnalis di lapangan, baik politik, ekonomi, investigasi dan lainnya.

"Kita perlu menunjukkan bahwa kita bisa. Semuanya harus bisa dikuasai, terutama isu-isu yang berkaitan dengan perempuan dan anak," tegasnya.

Pimpinan Redaksi IDN Times ini juga mengingatkan pada poin kedua tentang beban jurnalis perempuan di tengah pandemi ini. Di mana, beban jurnalis perempuan menjadi double, tidak hanya di lingkungan kerja tapi juga di rumah, karena anak-anak juga harus belajar daring yang perlu pendampingan ibu. Belum lagi, jadi tumpuan saat suami mendapat dampak pandemi berupa PHK.

Tanpa disadari beban yang menumpuk itu menganggu mental health. "Buat kita konsern sekali (di masa pandemi), tidak hanya krisis kesehatan, ekonomi tapi juga krisis mental yang banyak dialami perempuan," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Rilis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah