Hari Musik Nasional, Dua Mahasiswa Unila Lampung Lestarikan Alat Musik Lampung

- 9 Maret 2021, 10:12 WIB
 Dua Mahasiswa Unila Lampung Lestarikan Alat Musik Lampung.
Dua Mahasiswa Unila Lampung Lestarikan Alat Musik Lampung. /Unila.ac.id

PR Metro Lampung News-- Ditengah peringatan Hari Musik Nasional yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2021, dua mahasiswa Unila Lampung ikut berkontribusi melakukan pelestarian alat musik asli Lampung.

Peringatan Hari Musik Nasional kali ini memang spesial karena diperingati saat pandemi Covid-19, meski demikian tak lantas menyurutkan upaya dua mahasiswa Unila Lampung untuk melestarikan alat musik khas daerah Lampung.

Dikutip dari unila.ac.id, 3 Maret 2021, Nurma Indriyani dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan Fenny Dwi Anggraini dari Jurusan Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian (FP), kenalkan alat musik Gamolan Lampung kepada anak-anak Desa Tambah Luhur, Lampung Timur, melalui kegiatan Begamol.

Apa yang telah dilakukan dua mahasiswa Unila ini setidaknya sudah memberikan kontribusi terhadap musik nasional yang diperingati pada hari ini.

Begamol merupakan bagian dari yang dilakukan keduanya selama mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Periode I tahun 2021 yang berlokasi di Desa Tambah Luhur, Kecamatan Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur.

Baca Juga: Ini Nomor Call Center Tol Lampung Bakauheni, Terbanggi Besar, Kayu Agung, Palembang dan Indralaya, Catatlah

Menurut Nurma Indriyani, Provinsi Lampung memiliki alat musik tradisional, salah satunya Gamolan Pekhing. Alat musik ini merupakan bagian dari warisan budaya Lampung sejak lama.

Namun pada kenyataannya, masih banyak masyarakat yang kurang mengenal alat musik tradisional ini karena media pengenalan dan pembelajaran masih kurang.

Karena itulah, ia dan rekan satu kelompoknya menginisiasi kegiatan yang mengenalkan dan mengajarkan alat musik gamolan.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah