Filosofi dan Cara Membuat Noken Papua dan Siapa Pembuat Ilustrasi Google Doodle

- 4 Desember 2020, 14:04 WIB
Nyaris puna, tas noken Papua jadi warisan budaya Unesco
Nyaris puna, tas noken Papua jadi warisan budaya Unesco /unesco


PR Metro Lampung News-- Kini Noken Papua jadi perbincangan warganet. Pasalanya pada tampilan Google, ada gambar Noken Papua Google Doodle hari ini Jumat 4 Desember 2020. Hal itu membuat penasaran Noken Papua itu apa, cara membuat Noken, filosofi Noken Papua, macam-macam contoh Noken Papua, dan siapa pembuat Noken Papua Google Doodle.

Sejarahnya Noken Papua telah diakui sebagai warisan budaya dunia. Penetapan itu dalam sidang United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (Unesco) di Prancis 4 Desember 2012.

Melihat lagi ramai perbincangan warganet metrolampungnews.pikiran-rakyat.com, berikut penjelasan cara membuat Noken, filosofi Noken Papua, macam-macam Noken Papua, contoh Noken Papua, dan lainnya.

Baca Juga: Isolasi Mandiri, Gubernur Anies Baswedan Bermain Live IG Tapi Bingung Mematikannya

Hal itu melalui penelusuran pikiran-rakyat.com artikel berjudul "Mengenal Filosofi Noken Papua yang Jadi Doodle Google Hari Ini".

1.Filosofi Noken Papua sangat mendalam
Noken Papua merupakan kerajinan tas tradisional buatan tangan perempuan Papua. Noken Papua memiliki makna budaya dan sosial-ekonomi yang besar di seluruh Provinsi Papua dan Papua Barat di Indonesia.

Di luar penggunaan sehari-hari, Noken Papua secara tradisional juga memenuhi banyak tujuan sosial dan ekonomi. Contohnya, Noken Papua berfungsi sebagai simbol penyatuan budaya di antara lebih dari 250 kelompok etnis di wilayah tersebut karena nilainya, dapat digunakan sebagai jenis tabungan dan sering memainkan peran simbolis dalam penyelesaian sengketa secara damai.

Baca Juga: Cara Download Windows 10 Original Gratis Full Version 64 Bit

2. Cara membuat Noken Papua
Noken Papua biasanya terbuat dari serat pohon, kulit kayu, atau daun. Hal di atas menjadi bahan utama untuk membuat Noken Papua.

Pengelohan cara membuat Noken Papua begitu sederhana bahannya, serat pohon, kulit kayu, atau daun itu benang yang kuat. Caranya dikeringkan dulu di panaskan di api lalu untuk pembersihan dalam air.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah