Cara Mengatasi Laptop yang Hang Tidak Bisa Bergerak dan Dimatikan

- 4 Desember 2020, 07:41 WIB
Ilustrasi cara mengatasi laptop yang hang not responding tidak bisa bergerak
Ilustrasi cara mengatasi laptop yang hang not responding tidak bisa bergerak /Free-Photos

PR Metro Lampung News-- Cara mengatasi laptop yang hang tidak bisa bergerak dan dimatikan itu mudah sebenarnya. Kejadian laptop hang bisa terjadi saat baru dinyalakan atau eror ketika dihidupkan. Laptop hang istilah lainnya not responding dapat terjadi di Windows 10, 8, 7 dan lainnya. 

Contoh kasus  yang parah laptop yang hang tidak bisa gerak mouse kursornya adalah mengalami masalah pada laptop tombol powernya tidak mau bekerja, mulai dari shutdown, restart dan bahkan sleep pun tidak bisa. Kebanyakan orang pastinya akan langsung mengambil langkah manual itu, yaitu menekan tombol power dari luar agar laptop bisa langsung mati.

Sebenarnya cara ini tidak dibenarkan juga, memang tidak papa apabila laptop kemudian saat akan dihidupkan kembali masih bisa menyala. Namun bagaimana jika kebalikannya laptop terus mati dan tak bisa menyala karena sistemnya dipaksa untuk berhenti. Sedangkan masih ada problem pada mesin.

Baca Juga: Cara Burning CD/DVD di Windows 10 Tanpa Aplikasi, Buat Mindahin File

Kebanyakan laptop yang mengalami permasalahan ini anda tidak boleh langsung mematikannya, seperti yang telah dijelaskan di atas. Seharusnya anda bisa menggunakan langkah-langkah berikut agar sistem kembali berjalan normal dan tidak akan ada masalah ketika akan menyalakan laptop kembali.

Langkah-langkah cara mengatasi laptop yang hang tidak bisa bergerak, bahkan dimatikan di berbagai Windows 10, 8, atau 7.

1. Jalankan fitur Run
Langkah pertama adaalah jalankan fitu Run atau kotak sistem darurat atau bisa dikatakan otomatis. Salah satu fungsinya juga bisa digunakan untuk memperbaiki sistem yang tersendat, mengahapus sampah, cache dan lainnya dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Download Windows 10 Original Gratis Full Version 64 Bit

Caranya menggunakan run pada laptop atau komputer anda tekan windows ikon yang seperti jendela ada pada keybord itu. Lalu berbarengan dengan huruf R atau perintahnya windows+R. Maka kotak dialog Run akan otomatis terbuka.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x