AJI Bandar Lampung Minta Pemerintah Jangan Istimewakan Wartawan Soal Progam Vaksinasi

- 26 Januari 2021, 08:16 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 /Pixabay/Alexandra_Koch/

PR Metro Lampung News-- Salah satu organisasi jurnalis, yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandar Lampung meminta pemerintah setempat tidak mengistimewakan wartawan terkait program vaksinasi Covid-19.

Hal ini untuk menanggapi pernyataan oleh pihak Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Lampung yang mengusulkan wartawan setempat untuk mendapat vaksin pada tahap 2.

Ketua AJI Bandar Lampung mengatakan sebagai warga negara wartawan berhak mendapat vaksin. Namun perlakuannya tidak perlu memberi keistimewaan.

Lanjut Hendry, pemberian vaksin merupakan bentuk tanggung jawab pemerintah dalam mengatur dan melindungi hak atas kesehatan masyarakat.

Pada program vaksinasi Covid-19 diharapkan menekan laju penyebaran virus yang berdampak luas terhadap kehidupan sosial masyarakat.

Namun, pemerintah harus menghindari memberikan keistimewaan kepada kelompok tertentu, termasuk kepada wartawan.

“Jurnalis memang kalangan yang rentan terkena virus corona karena mobilitas tinggi dan berinteraksi dengan banyak orang. Namun, hal itu bukan menjadi alasan pembenar untuk memperlakukan mereka secara istimewa. Wartawan juga jangan meminta keistimewaan karena profesinya,” ujar Hendry.

Baca Juga: Selain Ingatkan Independensi, AJI Nilai Hadiah Akhir Tahun Pemprov Lampung Terkesan Pemborosan

Dia meminta para juru warta tetap mengawal dan mengawasi proses vaksinasi. Memastikan informasi berkualitas lewat kerja-kerja jurnalistik secara independen juga penting.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x