Aqua Danone-YKWS Distribusikan Sarana dan Prasarana Demplot KESURGA di Kota Agung Timur Tanggamus

- 19 Mei 2022, 19:15 WIB
Aqua Danone  dan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) mengadakan kegiatan Distribusi sarana prasarana untuk pembuatan demplot kebun sayur, buah, tanaman obat keluarga
Aqua Danone dan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) mengadakan kegiatan Distribusi sarana prasarana untuk pembuatan demplot kebun sayur, buah, tanaman obat keluarga /Rilis/

PR Metro Lampung News-- PT Tirta Investama Tanggamus (Aqua Danone) dan Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) mengadakan kegiatan Distribusi sarana prasarana untuk Pembuatan Demplot KESURGA (kebun sayur, buah, tanaman obat keluarga) di Pekon Batu Keramat dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) Mekar Abadi Jumat, 13 Mei 2022. Kegiatan dilakukan di Kecamatan Kota Agung Timur yang menjadi lokus stunting, yakni Tanjung Jati dan Batu Keramat.

Kegiatan ini dihadiri Bapak Camat Kuroisin, Kepala Pekon Batu Keramat Masrantok, Perwakilan PT. Tirta Investama Tanggamus (Aqua Danone) Raditya Pratama, Jajarannya BPP Kota Agung Timur, Staf YKWS Danang Galih P, Asa Izati, Nanda Junika, Alfiansyah, dan Heni, Ibu PKK, Kader Posyandu serta Ketua dan Anggota KWT Mekar Abadi.

Kegiatan ini bertujuan untuk berfokus pada pencegahan dan penurunan angka stunting di Pekon Batu Keramat melalui ketahanan pangan serta memberikan edukasi kepada anggota KWT agar kreatif, aktif dan produktif. Berlokasi di Kantor Pekon Batu Keramat.

Perwakilan YKWS Danang Galih P, berharap demplot KESURGA menjadi salah satu solusi dalam pencegahan dan penurunan stunting untuk pemenuhan gizi seimbang pada balita stunting dan Ibu hamil di Pekon Batu Keramat karena pencegahan stunting dapat dimulai sejak 1000 HPK.

“Demplot KESURGA dapat menjadi kebun untuk pemenuhan gizi seimbang balita stunting dan ibu hamil di Pekon Batu Keramat," katanya.

Perwakilan PT. Tirta Investama Tanggamus Raditya Pratama mengatakan, Pekon Batu Keramat merupakan salah satu lokus stunting di Kota Agung Timur. Kondisi ini mendorong PT. Tirta Investama Tanggamus dan YKWS untuk turut serta dan berkontribusi dalam penurunan stunting di Kabupaten Tanggamus.

Khususnya Kecamatan Kota Agung Timur melalui konvergensi stunting dengan pengelolaan sanitasi sehat serta mendorong kemandirian pangan bagi keluarga dan pengembangan Kebun Sayur Buah dan Tanaman Obat Keluarga (KESURGA) di pekon-pekon Kecamatan Kota Agung Timur dalam rangka penyediaan sumber pangan dan gizi keluarga. Sejak tahun 2020, Demplot KESURGA sudah ada di 6 pekon yaitu Pekon Tanjung Anom, Suka Banjar, Mulang Maya, Kagungan, Tanjung Jati dan Batu Keramat.

Camat Kota Agung Timur Kuroisi mengatakan, KESURGA bersama KWT Maju Jejama merupakan program Aqua Danone-YKWS yang mambantu Bupati Tanggamus dalam menurunkan kasus stunting. Selain stunting, kekurangan gizi juga bisa disebabkan oleh sanitasi lingkungan yang buruk.

"KESURGA bersama KWT Mekar Abadi dapat turut serta berkontribusi dalam pencegahan stunting mengingat stunting merupakan program yang sedang difokuskan oleh Bupati Tanggamus untuk menurunkan kasus stunting,” katanya.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Rilis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x