YKWS dan Walhi Latih Warga Desa Tegal Yoso Lampung Timur Budidaya Lebah Trigona

- 29 Juli 2021, 19:49 WIB
Suasana pelatihan budidaya lebah trigona oleh YKWS dan Walhi Lampung di Desa Tegal Yoso Lampung Timur
Suasana pelatihan budidaya lebah trigona oleh YKWS dan Walhi Lampung di Desa Tegal Yoso Lampung Timur /Rilis/

PRMN Metro Lampung News-- Perlu tahu bahwa kehidupan warga Desa Tegal Yoso, Kecamatan Probolinggo Lampung Timur (Lamtim) berbatasan langsung dengan wilayah Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Hal itu acap kali mengalami interaksi negatif antara warga dengan gajah liar, sehingga menyebabkan tanaman masyarakat jadi rusak.

Menurut info rilis yang diterima, hal itu tidak adanya kompensasi atau ganti rugi akibat kerusakan yang disebabkan interaksi negatif dengan gajah tersebut. Oleh sebab itu membuat masyarakat setempat mengalami kerugian.

Melihat persoalan tersebut Konsorsium Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi Lampung) adakan pelatihan budidaya lebah madu Trigona di Desa Tegal Yoso, Kecamatan Probolinggo, Lampung Timur. Maka salah satu upaya mengatasi masalah itu perlu adanya sumber penghasilan pendukung atau tambahan yang punya nilai ekonomis tinggi.

Penghasilan Tambahan dengan Budidaya Lebah Trigona

Acara pelatihan diadakan pada Selasa 27 Juli 2021 di rumah warga setempat. Lalu mendatangkan dua fasilitator dari Kelompok Tani Hutan (KTH) dari Rantau Jaya Udik.

Kegiatan tersebut turut hadir dari perwakilan dua KTH yang ada di Desa Tegal Yoso yakni KTH Wono Segoro Madu dan KTH Wana Karya. Perlu diketahui juga pelatihan itu didukung oleh Asean Center For Biodivercity.

Menurut fasilitator KTH Ujang mengatakan bahwa lebah trigona dipilih dipercaya mempunyai khasiat yang lebih manjur atau baik. Namun tantangannya harus punya perawatan ekstra.

Soalnya predator lebah trigona cukup banyak misalnya iguana, kadal, cicak, dan serangga. Keterangan lanjut Ujang juga menjelaskan bahwa madu lebah trigona jmudah dalam hal pakannya seperti bunga air mata pengantin serta kaliandra.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x