Perbedaan Hari Bank Indonesia 5 Juli 2021 dengan HUT BI Begini Sejarah Lengkapnya

- 4 Juli 2021, 16:03 WIB
Intip perbedaan Hari Bank Indonesia dengan HUT BI pada 5 Juli 2021
Intip perbedaan Hari Bank Indonesia dengan HUT BI pada 5 Juli 2021 /Tangkapan layar Bank Indonesia/

PR Metro Lampung News - Mungkin masih banyak masyarakat Indonesia yang keliru mengenai perbedaan Hari Bank Indonesia 5 juli 2021 dengan HUT BI begini sejarah lengkapnya yang perlu kalian ketahui agar tidak melakukan kekeliruan.

Banyak masyarakat yang masih mengartikan bahwa Hari Bank Indonesia adalah hari perayaan ulang tahun Bank Indonesia.

Selain itu, tanggal Hari Bank Indonesia dan HUT Bank Indonesi juga hanya memiliki perbedaan waktu 4 hari saja yang membuat banyak pihak berpikir bahwa keduanya adalah hal yang sama.

Ternyata, Hari Bank Indonesia yang akan jatuh pada hari Senin, 5 Juli 2021 besok tidak sama halnya dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Bank Indonesia yang dirayakan setiap tanggal 1 Juli.

Dikutip dari laman resmi BNI, tanggal 5 Juli 2021 merupakan hari lahirnya Bank pertama Indonesia, yakni Bank Negara Indonesia (BNI) yang jatuh pada tanggal 5 Juli 1946.

Adapun proses terbentuknya Bank Indonesia menjadi Bank Sentral Indonesia hingga saat ini, telah melalui proses yang cukup panjang dengan perjuangan yang tidak mudah.

Jatuh pada tanggal 1 Juli 1953 Bank Indonesia berhasil menjadi Bank Sentral Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Nomor 11 tahun 1953.

Hingga tahun 2021 ini, Bank Indonesia telah merayakan Hari Ulang Tahun yang ke-68.

Begini sejarah lengkap perubahan Bank Sentral Indonesia dari Bank Negara Indonesia (BNI) menjadi Bank Indonesia (BI).

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah