Tim Ekspedisi Sungai Nusantara akan Paparkan Hasil Penelitian Kondisi Sungai di Lampung

- 24 April 2022, 12:10 WIB
Tim Ekspedisi Sungai Nusantara tengah meneliti kondisi sungai di Lampung
Tim Ekspedisi Sungai Nusantara tengah meneliti kondisi sungai di Lampung /Rilis/

PRMN Metro Lampung-- Tim Ekspedisi Sungai Nusantara akan memaparkan hasil penelitan ihwal kondisi sungai di Provinsi Lampung. Kegiatan itu bakal dikemas dalam bentuk diskusi publik di Kantor Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung, Senin, 25 April 2022.

Ekspose dan diskusi publik itu kolaborasi sejumlah lembaga. Ada Ecological Observation and Wetlands Conservation (Ecoton), Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS), Walhi Lampung, dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandarlampung. Nantinya, acara akan ditutup dengan buka puasa bersama.

Direktur Eksekutif YKWS Febrilia Ekawati mengatakan Tim Ekspedisi Sungai Nusantara telah beberapa hari berada di Lampung. Mereka mendatangi sejumlah sungai, diantaranya Sungai Belau dan Sungai Kuripan di Bandar Lampung. Kemudian, Sungai Way Seputih di Lampung Tengah dan Sungai Way Sekampung di Lampung Timur.

"Tim menguji kualitas air sungai, apakah masih sehat atau tidak. Parameternya antara lain mikroplastik, klorin, fosfat, dan nitrat," kata Febrilia dalam rilis yang diterima Pikiran Rakyat (Metro Lampung) pada Minggu, 24 April 2022.

Menurut Febrilia secara nasional sebagian besar sungai dalam kondisi rusak dan tercemar. Padahal, sungai-sungai di Indonesia merupakan bahan baku air minum dan irigasi, serta dimanfaatkan sebagai budi daya perikanan. Sungai juga memiliki fungsi ekologis, yaitu habitat bagi banyak jenis ikan.

"Berangkat dari hal tersebut, penting untuk mengetahui kondisi sungai-sungai di Lampung. Kami mengundang para jurnalis dapat menghadiri ekspose kondisi kesehatan sungai, besok," ujarnya.

Ekspedisi Sungai Nusantara adalah perjalanan mengunjungi sungai-sungai di Indonesia. Dia merupakan kolaborasi antara peneliti, jurnalis, dan komunitas untuk memeriksa kesehatan sungai di Indonesia.

Adapun tim Ekspedisi Sungai Nusantara, yakni Prigi Arisandi dan Amiruddin Mutaqqin. Mereka mengendarai sepeda motor dan akan mendatangi 68 sungai, mulai dari Sumatra hingga Papua. Ekspedisi itu mengajak masyarakat untuk menjaga sungai, menegaskan peran negara untuk memelihara dan memulihkan sungai-sungai di Indonesia.***

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Rilis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x