Beragam Manfaat Minyak Jahe (Ginger Essential Oil) dan Efek Sampingnya

- 22 Desember 2020, 16:12 WIB
Beragam Manfaat Minyak Jahe
Beragam Manfaat Minyak Jahe /Pixabay/Couleur

PR Metro Lampung News-- Jahe adalah bagian keluarga tumbuhan yang juga meliputi kunyit dan kapulaga, yang juga memiliki berbagai manfaat kesehatan.

Essential oil atau minyak asiri, atau dikenal juga sebagai minyak eterik, minyak esensial, minyak terbang, serta minyak aromatik, adalah kelompok besar minyak nabati yang berwujud cairan kental pada suhu ruang namun mudah menguap sehingga memberikan aroma yang khas, sebagai obat dan juga terapi kesehatan.

Minyak jahe merupakan essential oil yang bersifat hangat dan bekerja sebagai antiseptik, pencahar, tonik dan stimulan. Dari 115 senyawa kimia yang ditemukan di akar jahe, manfaat terapeutik terutama berasal dari senyawa gingerol, resin berminyak yang bertindak sebagai antioksidan dan agen anti-inflamasi kuat.

Baca Juga: Ini Efek Samping Bila Kebanyakan Makan Wortel

Minyak jahe (ginger essential oil) terdiri dari sekitar 90 persen sesquiterpene, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Bahan-bahan bioaktif dalam minyak esensial jahe, terutama gingerol, telah banyak dievaluasi secara klinis.

Dilansir dari laman atsirich.com, penelitian menunjukkan jika digunakan secara teratur, jahe memiliki kemampuan menyembuhkan berbagai kondisi dan penyakit. Berikut beberapa manfaat ginger essential oil :

Baca Juga: 3 Tips Mengolah Wortel sebagai MPASI untuk Bayi

1. Meringankan Gangguan Perut dan Mendukung Pencernaan
Minyak jahe (ginger essential oil) merupakan salah satu solusi alami terbaik untuk kolik, gangguan pencernaan, diare, kejang dan sakit perut.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: Atsirich


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x