Tata Cara Membuat KIP 2022 atau Kartu Indonesia Pintar Siswa SD SMP SMA Agar Dapat PIP dan BLT Anak Sekolah

- 24 Januari 2022, 06:24 WIB
Tata cara membuat KIP 2022 atau Kartu Indonesia Pintar Siswa SD SMP SMA agar dapat PIP dan BLT Anak Sekolah
Tata cara membuat KIP 2022 atau Kartu Indonesia Pintar Siswa SD SMP SMA agar dapat PIP dan BLT Anak Sekolah /https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id/

PR Metro Lampung News—Simak tata cara membuat KIP 2022 atau Kartu Indonesia Pintar Siswa SD SMP SMA agar dapat PIP dan BLT Anak Sekolah.

Kemdikbud terus berusaha dalam memberikan akses pendidikan untuk masyarakat Indonesia melalui Program Indonesia Pintar atau PIP.

Program Indonesia atau PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah kita yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar atau KIP.

Sasaran dari PIP sendiri yaitu peserta didik yang mempunyai KIP atau kartu Indonesia Pintar, Peserta didik dari keluarga miskin dengan pertimbangan khusus, Peserta didik SMK yang mengambil jurusan Peternakan, Kehutanan, Pelayaran, dan Kemaritiman.

Lalu bagaimana agar dapat PIP dan BLT Anak Sekolah menggunakan Kartu Indonesia Pintar atau KIP? Simak selengkapnya tata cara membuat KIP 2022 atau Kartu Indonesia Pintar Siswa SD SMP SMA agar dapat PIP dan BLT Anak Sekolah berikut ini.

1. Siswa datang ke sekolah membawa Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS milik orang tuanya yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

2. Jika orang tua tidak memiliki KKS, maka mintalah Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM dari RT atau RW dan Kelurahan.

3. Jika sudah memiliki KKS atau SKTM, silakan datang ke sekolah untuk mendaftar KIP.

4. Kemudian sekolah akan mencatat dan mengusulkan nama siswa tersebut untuk menjadi calon penerima Kartu Indonesia Pintar atau KIP ke Dinas Pendidikan atau Kemenag Kabupaten/Kota setempat.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x