3 Mahasiswa KKN Unila Berdayakan Warga Pekon Lemong Pesisir Barat Buat Nugget Ikan Tongkol

- 10 Maret 2021, 18:21 WIB
 Mahasiswa KKN Unila ajak warga Pekon Lemong buat Nugget Ikan Tongkol
Mahasiswa KKN Unila ajak warga Pekon Lemong buat Nugget Ikan Tongkol /

PR Metro Lampung News-- Tiga mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara mandiri asal Universitas Lampung (Unila) periode 1 2021 memberdayakan masyarakat Pekon Lemong Pesisir Barat untuk membuat nugget ikan tongkol. Mahasiswa tersebut adalah Indah Sukma Ningsih (Biologi 2018), Ikhsan Abrori (Hukum 2018), dan Suci Wulan Dari (Nutrisi pangan 2018).

Ide pembuatan nugget ikan tongkol dilatarbelakangi karena ketika musim ikan tongkol tiba. Maka ikan tersebut jarang sekali termanfaatkan.

Ikan tongkol ada yang dikonsumsi dan dijual. Namun terdapat sebagian lagi dibuang begitu saja.

Ikhsan mengatakan jika ikan tongkol dibuat nugget pasti bisa menjadi produk UMKM yang menjanjikan. Sebab harga tongkol yang lebih murah dari ikan lainnya dan nugget adalah salah satu makanan kekinian.

Pembuatan nugget ikan tongkol menggait salah satu pelaku usaha yaitu Diki Ortega yang tak lain adalah teman mereka sendiri.

Senada Indah mengungkapkan mengajak salah satu pelaku usaha dan beberapa warga lainnya untuk membuat nugget ikan tongkol ini tentu saja inovasi tersebut dapat berkelanjutan. "Pelaku usaha dan warga ikut langsung dalam pembuatannya dan tidak menutup kemungkinan nugget ikan tongkol bisa menjadi oleh-oleh khas pekon Lemong,” ungkapnya.

Baca Juga: Mahasiswa KKN Unila Laksanakan Progja Rumah Pintar di Pekon Lemong Pesisir Barat

Ikan tongkol yang telah dibersihkan dan dipisahkan antara tulang dan dagingnya dicuci dengan air bersih. Setelah itu daging ikan, 1 butir telur, tepung tapioka, bawang putih, merica, garam, dan penyedap rasa di blender secara bersamaan.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x