Kabar Gembira, DP 0 Persen untuk Kredit Rumah Mulai Berlaku Awal Maret 2021 sampai Desember 2021

- 25 Februari 2021, 21:57 WIB
Tangkapan layar melalui akun Instagram resmi Bank Indonesia terkait dp 0 persen kredit perumahan yang mulai berlaku Maret 2021 sampai Desember 2021
Tangkapan layar melalui akun Instagram resmi Bank Indonesia terkait dp 0 persen kredit perumahan yang mulai berlaku Maret 2021 sampai Desember 2021 /Instagram @bank_indonesia

 

PR Metro Lampung News-- Stop ngontrak! Buat kamu yang bosan ngontrak rumah atau ingin segera memiliki rumah. Karena DP 0 persen untuk kredit rumah mulai berlaku mulai awal Maret 2021 sampai Desember 2021 oleh Bank Indonesia (BI).

Kabar gembira akan kepastian DP 0 persen untuk kredit rumah yang mulai berlaku awal Maret 2021 sampai Desember 2021 ini disampaikan dalam akun resmi Instagram Bank Indonesia @bank_indonesia.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Bank Indonesia (@bank_indonesia)

Dalam akun instagramnya itu, Direktur Bank Indonesia Perry Warjiyo menjelaskan bahwa keputusan melonggarkan kredit DP 0 persen itu berdasarkan hasil rapat dewan Gubernur Bank Indonesia pada Februari 2021 sebagai bentuk relaksasi kredit sebagai dampak dari wabah Covid-19.

Baca Juga: Cara Pembuatan dan Perpanjang SIM Tidak Di Daerah Domisili Lengkap Penjelasan

Tapi, menurut Direktur BI, Ferry Warjiyo, pemberlakuan DP 0 persen untuk kredit perumahan itu juga harus menerapkan prinsip kehati-hatian. Agar program DP 0 persen untuk kredit rumah yang mulai diberlakukan awal Maret 2021 sampai Desember 2021 efektif dan tidak menimbulkan kredit macet.

Pelonggaran kredit DP 0 persen berlaku untuk pelonggaran ratio loan to value, financing to value (LTV/FTV) kredit pembiayaan properti dengan memperhatikan manajemen resiko.

Prinsip kehati-hatian dan manajemen resiko ini diutamakan untuk bank yang non performing loan-nya (NPL) dibawah 5 persen untuk bisa memberikan kredit dp 0 persen untuk properti.

Sedang untuk bank yang NPL-nya diatas 5 persen tetap diberi kelonggaran memberi kredit tapi tidak sampai 0 persen tapi maksimal DP 10 persen. Terkecuali untuk pembelian rumah tapak atau rumah susun dengan tipe perumahan tipe 21 kebawah tetap diberi kelonggaran kredit 0 persen.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: Bank Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah