Bayi Gajah Betina Lahir di Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas

- 27 Februari 2024, 22:32 WIB
Telah lahir seekor bayi gajah sumatera dengan jenis kelamin betina di Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), pada dini hari Senin, 26 Februari 2024.
Telah lahir seekor bayi gajah sumatera dengan jenis kelamin betina di Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), pada dini hari Senin, 26 Februari 2024. /Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan/

PR Metro Lampung News-- Telah lahir seekor bayi gajah sumatera (Elephas maximus sumatranus) dengan jenis kelamin betina di Pusat Latihan Gajah (PLG) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), pada dini hari Senin, 26 Februari 2024, pukul 00.10 wib.

Anak gajah betina tersebut lahir dengan berat badan 69 kg, tinggi bahu 72 cm, lingkar dada 98 cm, panjang badan 87 cm, panjang ekor 50 cm, lingkar tapak kaki depan 44 cm, lingkar tapak kaki belakang 44 cm dan kondisi anak dan induk sehat dan normal.

Kelahiran bayi gajah ini merupakan kelahiran ke 4 (empat) dari induk gajah Pleno, yang saat ini berusia 34 tahun.

Baca Juga: Banjir di Bandar Lampung Terparah dalam 10 Tahun Terakhir, Walhi Nilai Pemkot Bandarlampung Gagal Atasi Banjir

Saat ini induk gajah diberikan makanan tambahan berupa rumput dari ladang pakan, dan vitamin via injeksi untuk memulihkan kondisi pasca melahirkan dan menambah kualitas air susunya.

Untuk saat ini anak gajah betina yang baru lahir ini belum diberikan nama. 

Setelah melahirkan Tim Medis Rumah Sakit Gajah PLG – TNWK juga melakukan penanganan intensif terhadap anak dan induk gajah untuk memastikan keadaannya sehat.

Seperti melakukan pembersihan pada saluran reproduksi dengan menyemprotkan antiseptik pada induk gajah Pleno dan pada anak gajah disemprotkan pada pusarnya.

Beberapa jam kemudian anak gajah langsung bisa menyusu ke induknya dan nampak sehat. Dengan lahirnya anak gajah ini maka menambah populasi gajah yang ada di PLG.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x