Manfaat Wakame, Rumput Laut Khas Jepang yang juga Ada di Korea Selatan

- 20 Mei 2022, 19:14 WIB
Ini beberapa manfaat yang dimiliki oleh wakame alias rumput laut. Tidak mengherankan jika makanan ini digemari di Negri Ginseng dan Negri Sakura
Ini beberapa manfaat yang dimiliki oleh wakame alias rumput laut. Tidak mengherankan jika makanan ini digemari di Negri Ginseng dan Negri Sakura /unsplash/ Dilara Yilmaz/

PR Metro Lampung News– Apa itu Wakame? Wakame adalah rumput laut yang biasa digunakan sebagai bahan kudapan di Jepang dan Korea Selatan.

Selain dari dua negara tersebut, rumput laut ini juga dikenal di Cina sebagai qundai cai, prancis sebagai fougere des mers, sedangkan istilah bahasa inggrisnya sendiri adalah sea mustard.

Meskipun disebut rumput laut, sebenarnya wakame adalah jenis alga, makhluk hidup yang berbeda dari golongan tanaman, sehingga secara biologis, ia berbeda dari rumput atau tanaman yang tumbuh di perairan dangkal.

Dikenal akan manfaatnya yang baik bagi kesehatan, masyarakat Jepang rutin mengonsumsi wakame dalam olahan sup yang disajikan untuk menemani nasi saat sarapan.

Sedangkan di Korea Selatan, rumput laut ini biasa disajikan kepada orang yang berulang tahun, sakit, atau ibu yang baru bersalin.

Di balik hidangan khas masyarakat Korsel dan Jepang tersebut, apa saja sebenarnya khasiat rumput laut  Simak faktanya pada poin berikut.

Mengurangi risiko kanker

Berbagai penelitian menemukan bahwa rumput laut secara umum, termasuk wakame, memiliki kandungan anti tumor yang disebut fucosantine dan fucoidant.

Kedua zat tersebut mampu melawan dan mencegah pertumbuhan sel kanker, khususnya kangker payudara.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x