Wortel Dimakan Mentah atau Direbus Terlebih Dahulu?

- 21 Desember 2020, 09:47 WIB
ILUSTRASI wortel.*
ILUSTRASI wortel.* /ZUN/PEXELS

PR Metro Lampung News-- Wortel adalah jenis sayuran yang manis dan penuh gizi, sehingga wortel bisa disajikan dalam berbagai hidangan baik makanan dan minuman.

Namun, beberapa dari kita masih bingung lebih baik wortel dimakan mentah atau direbus terlebih dahulu.

Apa saja perbedaannya? Mana yang paling sehat? Dilansir dari laman Kecipir.com, berikut rangkuman mengenai wortel mentah dan wortel yang dimasak atau direbus terlebih dahulu.

Manfaat wortel mentah
Ketika dimakan dalam bentuk mentah, wortel terasa manis dan renyah saat dikunyah. Tidak jarang wortel menjadi camilan wajib untuk di pagi hari atau dibawa bersama bekal makanan.

Selain itu, wortel mentah umumnya memiliki nutrisi yang masih lengkap. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa wortel mentah masih menjadi cara konsumsi yang dominan.

Berikut adalah manfaat wortel mentah yang seringkali masih dikonsumsi oleh masyarakat.

1. Kandungan polifenol tetap utuh
Polifenol berfungsi untuk mencegah atau menghambat terjadinya penyakit jantung koroner melalui perbaikan fungsi pembuluh darah serta memperlambat penggumpalan darah. 

Sebagai antioksidan, antiradang, dan antiplatelet, wortel mentah bekerja efektif melawan penyakit jantung.

Selain itu, polifenol akan mengeliminasi pembentukan sel kanker karena efeknya sebagai pelindung tubuh terhadap toksin atau radikal bebas. Tidak perlu khawatir diabetes, wortel mentah mengeluarkan polifenol untuk menghambat penyerapan glukosa di usus.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: Kecipir


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x