4 Contoh dan Manfaat Susu Nabati Buat Kesehatan

- 8 Desember 2020, 15:48 WIB
Ilustrasi contoh-contoh susu nabati
Ilustrasi contoh-contoh susu nabati /LisaRedfern/Pixabay
 
PR Metro Lampung News-- Susu nabati terdapat empat jenis contoh olahannya. Sejak dulu susu nabati memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.
 
Perbedaan susu nabati dan hewani adalah susu nabati bahan pokoknya bersumber dari tumbuhan. Sedangkan susu hewani berasal dari hewan.
 
Contoh susu dari nabati seperti kedelai, almond, susu beras, dan masih banyak lainnya. Lalu untuk manfaat susu nabati adalah mengatasi alergi dan penyakit. 
 
 
 
Berikut adalah 4 contoh dan manfaat susu nabati bagi kesehatan tubuh manusia
 
1. Susu kedelai
Cara manfaatkan susu nabati untuk kesehatan tubuh yaitu mengatasi alergi susu sapi. Misalnya pada bayi yang baru lahir atau sambungan Air Susu Ibu (ASI).
 
Alergi ini sering disebut sebagai intoleransi laktosa. Susu kedelai mengandung banyak protein yang baik bagi tubuh dan sebagai pengganti susu hewani. 
 
Cara minum susu kedelai bagi bayi yaitu terdapat di susu formula khusus. Lalu bagi orang dewasa, dapat mengonsumsi susu kedelai dalam bentuk minuman khusus orang dewasa. 
 
2. Susu oat 
Kedua, cara manfaatkan susu nabati untuk kesehatan tubuh dengan jenis susu oat. Susu oat mengandung lemak jenuh yang rendah. 
 
Hal ini baik untuk mereka yang tubuhnya memiliki intoleransi gluten atau penyakit celiac. Selain itu, susu oat juga dapat membantu menurunkan kolesterol. 
 
 
Minum susu oat secara rutin, baik yang sudah dicampur rasa lain atau belum. Misalnya dicampur cokelat, jagung, atau krim vanilla. 
 
3. Susu almond
Cara manfaatkan susu nabati untuk kesehatan selanjutnya dengan susu almond. Kandungan susu almond yaitu memiliki vitamin dan mineral paling banyak termasuk tembaga, seng, besi, magnesium, kalsium, kalium dan lainnya. 
 
Susu almond baik untuk program diet karena memiliki kadar karbohidrat yang rendah. Selain  itu, baik untuk anak-anak pada masa pertumbuhan. 
 
4. Susu beras 
Keempat, susu nabati yang bersumber dari beras juga dapat membantu menjaga kesehatan. Cara manfaatkan susu nabati susu beras untuk kesehatan yaitu dengan minum secara rutin baik yang manis campuran gula maupun tawar. 
 
Susu beras memiliki kandungan antioksidan yang membantu mencegah munculnya infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kadar lemak dan kolesterol dalam susu beras juga rendah akan baik bagi program diet. 
 
Keempat jenis susu nabati di atas dapat menjadi pengganti susu hewani yang biasanya dikonsumsi manusia. Susu kedelai, susu almond, susu oat, dan susu beras tentunya lebih sehat dan rendah lemak. 
 
Sekian ulasan mengenai  4 contoh dan manfaat susu nabati bagi kesehatan tubuh manusia. Susu nabati bukan hanya bergizi, tetapi juga dapat diolah sendiri di rumah. ***

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x