Cara Membedakan Madu Murni Asli dan Palsu Pakai 5 Benda Ini

- 5 Desember 2020, 11:53 WIB
Ilustrasi madu murni/pixabay
Ilustrasi madu murni/pixabay /

PR Metro Lampung News-- Cara membedakan madu murni asli dan palsu bisa dikenali dengan mudah. Hal penting mengetahui ciri-ciri madu asli memiliki ciri khas yang tidak dapat disamakan dengan yang palsu.

Khasiat madu murni itu banyak. Misalnya, menambah imunitas tubuh, membantu penyembuhan sakit, dan sebagai campuran minuman lain. Maka penting, tau infromasi cara membedakan madu murni dan asli pakai lima benda yang ada di sekitar.

Keaslian madu murni kerap diragukan. Sebab, banyak penjual yang menambahkan bahan lain misalnya gula putih atau pemanis buatan.

Baca Juga: 4 Cara Minum Kopi yang Benar Agar Tubuh Tetap Sehat

Maka, perlu tahu cara mengenali madu murni asli atau palsu. Dikutip dari Antara cara membedakan madu murni dan palsu yang disarankan oleh Badan Otoritas Standar Keamanan Pangan India (FSSAI).

1. Menggunakan air putih
Cara pertama membedakan madu murni dan palsu menggunakan air putih untuk mendeteksi apakah madu murni asli atau palsu. Sebelumnya, sediakan air putih dalam gelas dan madu yang ingin diepriksa.

Berikutnya, teteskan madu ke dalam air putih dalam gelas. Jumlah tetesan secukupnya saja, misalnya satu atau dua tetes.

Kemudian, perhatikan apakah tetesan tersebut larut dalam air atau tidak. Bila langsung turun ke permukaan air tanpa larut, maka madu tersebut asli.

Baca Juga: Cara dan Syarat Daftar Bansos Modal Usaha Dapat Rp.3,5 Juta Bagi KPM PKH dari Kemensos

Lain halnya bila tetesan madu yang jatuh ke dalam air ikut larut dalam air. Itu tandanya madu tersebut palsu.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x