7 Strategi Cara Pengembangan Pariwisata di Banyuwangi

- 30 November 2020, 19:32 WIB
Tangkapan layar Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Bayuwangi Bramuda menayangkan kata-kata dari Bupati Bayuwangi. Bramuda menjadi narasumber dalam  Webinar Bank Indonesia Provinsi Lampung, Senin 30 November 2020
Tangkapan layar Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Bayuwangi Bramuda menayangkan kata-kata dari Bupati Bayuwangi. Bramuda menjadi narasumber dalam Webinar Bank Indonesia Provinsi Lampung, Senin 30 November 2020 /Hanisaul Khoiriyah/Metro Lampung News

PR Metro Lampung News-- Strategi yang digunakan pemerintah Banyuwangi dalam cara mengembangkan sektor pariwisata patut diacungi jempol. Soalnya, kini Banyuwangi dikenal memiliki berbagai destinasi wisata.

Hal inilah yang menjadi inspirasi bagi Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung. Oleh sebab itu, mereka mengundang narasumber dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M.Y. Bramuda dalam webinar yang memiliki tema Pemulihan Ekonomi Kawasan Wisata Pesawaran Lampung melalui Transformasi Pembayaran Digital.

Banyuwangi dinilai mampu menjadi salah satu daerah yang sukses mengatasi tantangan pandemi pada 2020. Serta, bisa jadi percontohan pengembangan wisata di Lampung.

Baca Juga: 5 Keuntungan Pakai QRIS Buat Tranksasi Digital di Banyak Aplikasi, Cocok Buat UMKM

Inilah 7 kiat sukses cara mengembangkan pariwisata Bayuwangi. 

1. Pariwisata menjadi program unggulan pembangunan daerah
Pemerintah kabupaten Banyuwangi telah memasukkan sektor pariwisata sebagai program unggulan pembangunan daerah. Pariwisata berdampingan dengan sektor pertanian dan UMKM.

2. Langkah-langkah pengembangan pariwisata di Banyuwangi
Pemerintah Banyuwangi, khususnya Dinas Pariwisata menjawab tantangan 3A, yaitu aksesibilitas, amenitas, dan atraksi.

Aksesibilitas meliputi pembangunan Bandara tradisional. Lalu, amenitas menyangkut ketersediaan hotel (penginapan), dan atraksi berupa event/festival.

Sejak tahun 2012, pertumbuhan jumlah festival di Banyuwangi mengalami peningkatan. Data yang ditampilkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, M.Y. Bramuda menunjukkan bahwa pada 2012, jumlah festival di Banyuwangi sebanyak 12 festival.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x