5 Keuntungan Pakai QRIS Buat Tranksasi Digital di Banyak Aplikasi, Cocok Buat UMKM

- 30 November 2020, 16:44 WIB
Tangkapan layar Webinar Bank Indonesia Provinsi Lampung membahas QRIS buat transaksi digital, Senin 30 November 2020
Tangkapan layar Webinar Bank Indonesia Provinsi Lampung membahas QRIS buat transaksi digital, Senin 30 November 2020 /Hanisaul Khoiriyah/Metro Lampung News


PR Metro Lampung News--
Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) tak hanya berdampak pada kesehatan. Akan tapi, berimbas terhadap masalah ekonomi.

Itulah yang dirasakan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Pesawaran, Lampung. Pasalnya, Covid-19 meningkatkan kebiasaan masyarakat untuk membeli kebutuhan sehari-hari melalui digital.

Contohnya, pelanggan tidak perlu lagi ke mall, pasar, toko, dan lainnya. Soalnya, barang dapat dipilih melalui platform aplikasi daring dan barang bisa diantar.  Serta terdapat kebiasaan baru, yakni transaksi pembayaran yang dilakukan secara nontunai alias uang digital dengan menggunakan kode QR.

Baca Juga: Cara Dapat Promo Cashback, Diskon, dan Gratis Ongkir Belanja di Tokopedia Bagi Nasabah BTN

Hal itu dilakukan bertujuan untuk meminimkan terpapar virus Corona. Maka, perlu terobosan untuk persoalan UMKM Pesawaran yang terimbas Covid-19.

BI Lampung adakan Webinar cari solusi bersama
Melihat permaslahan di atas, Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung menggelar Webinar, Senin 30 November 2020. Webinar itu mengusung tema Pumilhan Ekonomi Kawasan Wisata Pesawaran Lampung melalui Transformasi Pembayaran Digital.

Acara itu diisi oleh Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung Budiharto Setyawan, Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran Elsafri Fahrizal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bayuwangi M.Y. Bramuda, dan Ketua Asosiasi Pokdarwis Bayuwangi. Lalu, Deputi Kepala Perwakilan BI Lampung Hasiholan Siahaan, Pemimpin Bisnis BNI Tanjung Karang, dan Deputi Pemerintahan dan Ekosistem Mikro LinkAja M. Rendi Nugraha.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak 09.00 WIB itu diikuti ratusan peserta webinar.

QRIS buat bayar secara digital di banyak aplikasi 
Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dibuat untuk memudahkan konsumen atau pelanggan dari aplikasi uang elektronik yang berbeda. Ihwal untuk melakukan transaksi pembayaran dengan scan kode QR di berbagai aplikasi.

Teknologi itu diintegrasikan dengan Pnyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) dan berkolaborasi bersama Bank Indonesia (BI). Supaya dapat membayar berbagai hal yang biasanya pakai kode QR.

Adanya QRIS itu juga sebagai upaya mendukung perkembangan ekosistem digital UMKM Pesawaran. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Perwakilan BI Lampung, Budiharto.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x