Sejarah Asal Usul Diwajibkanya Puasa di Bulan Ramadhan

- 15 April 2021, 09:03 WIB
Sejarah perintah puasa Ramadhan
Sejarah perintah puasa Ramadhan /Pexels/ Emre can

PR Metro Lampung News-- Terdapat 5 rukun Islam yang harus di jalankan sebagai umat Islam, sebagai pondasi dalam beragama. Salah satunya menjalankan rukun islam yang ke empat yakni puasa untuk dijadikan sebagai momentum mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Ibadah puasa merupakan menahan diri dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari dari semua jenis yang dapat membatalkan puasa seperti minum, makan dan kegiatan yang lainya yang berakibat membatalkan puasa.

Setiap muslim yang beriman wajib melaksanakanya dalam satu bulan penuh.

Baca Juga: Biodata Profil Yoriko Angeline Sebagai Susan Pemeran Ustad Milenial Ini Agama Umur dan Nama Instagram

Perintah menjalankan puasa dari terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari bukalah perintah yang tiba-tiba diturunkan.

Dalam sejarah terdapat beberapa langkah sehingga menjadi tatanan sariat sebagai umat muslim dan merupakan penghambaan kepada Allah SWT.

Ibadah puasa tidaklah memerankan peran fisik saja tapi juga memerlukan kesehatan batin bahkan mampu menyempurnakan batin menjadi hamba yang bertaqwa.

Baca Juga: Ceramah Singkat Jelang Shalat Tarawih di Ramadhan 2021, Muadzin di Masa Rasulullah

Menurut hadis Muadz Ibn Jabal dalam riwayatnya sebelum Rasulullah menerima perintah puasa Ramadhan Rasulullah SAW melaksanakan puasa Assyura dan puasa tiga hari setiap bulannya.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x