Bacaan Sujud Sahwi dan Artinya dan Tata Cara Sujud Ketika Lupa Dalam Shalat

- 24 Februari 2021, 15:50 WIB
Ilustrasi sujud sahwi.
Ilustrasi sujud sahwi. /Pixabay/Rudolf Langer

PR Metro Lampung News-- Semua umat Islam harus memegang teguh apa yang diperintahkan dalam rukun Islam salah satunya untuk menjalankan ibadah sholat 5 waktu. Namun tak dapat dihindari bahwa kadangkala saat menunaikan sholat, seseorang seringkali lupa akan rokaat sholat. Untuk itu Metro Lampung News akan membahas artikel tentang bacaan sujud sahwi dan artinya dan tata cara sujud ketika lupa dalam sholat. 

Ya, semua orang pasti pernah mengalami lupa karena merupakan sifat bawaan manusia, lupa bisa terjadi pada sesuatu yang sering dikerjakan, termasuk rakaat sholat. Nah jika kamu pernah khilaf atau kekurangan rakaat sholat bahkan kelebihan, apa yang harus dilakukan? Simak bacaan sujud sahwi dan artinya dan tata cara sujud ketika lupa dalam sholat.

Jikalau memang seseorang benar-benar lupa mengerjakan satu rukun tertentu dalam shalatnya, dan ia sama sekali tidak ingat dan tidak ada orang yang mengingatkannya maka ibadah itu hukumnya tetap sah.

Kamu bisa meniru apa yang Rasulullah SAW lakukan ketika lupa dalam sholat yaitu dengan mengetahui bacaan sujud sahwi dan artinya dan tata cara sujud ketika lupa dalam sholat.

Suatu ketika Nabi SAW lupa jumlah rakaat ketika shalat. Seusai shalat, beliau ditanya para sahabat, apakah ada perubahan jumlah rakaat sholat?

Jawab Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Saya hanyalah manusia biasa. Saya bisa lupa sebagaimana kalian lupa. Jika saya lupa, ingatkanlah aku. Jika kalian ragu tentang jumlah rakaat sholat kalian, pilih yang paling meyakinkan, dan selesaikan sholatnya. Kemudian lakukan sujud sahwi." (HR. Bukhari & Muslim).

Begitulah tuntutan yang diajarkan Rasulullah ketika lupa rakaat dalam sholat dengan melakukan sujud sahwi ketika lupa dalam sholat.

Sujud sahwi sendiri secara bahasa bermakna lupa atau lalai. Namun secara istilah adalah sujud yang dilakukan di akhir sholat atau setelah sholat untuk menutupi cacat dalam sholat. Hal ini dilakukan karena meninggalkan sesuatu yang diperintahkan atau mengerjakan sesuatu yang dilarang dengan tidak sengaja. Lalu bagaimana tata cara sujud sahwi?

Baca Juga: Dipangkas, Ini Jadwal Cuti Bersama Terbaru 2021 Serta Libur Nasional Tanggal Merah

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah