Pimpinan DPR Nyatakan Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021, Dua Tahun Jemaah Indonesia Tak Berangkat Haji

- 2 Juni 2021, 14:36 WIB
Indonesia Tak Dapat Kuota Haji Tahun 2021, Arab Saudi Beberkan Alasannya
Indonesia Tak Dapat Kuota Haji Tahun 2021, Arab Saudi Beberkan Alasannya /Pixabay / Adliwahid/

PR Metro Lampung News-- Arab Saudi kembali memperketat penerimaan jemaah haji 2021.

Hal ini berdampak pada Indonesia yang tidak mendapatkan kuota keberangkatan dalam agenda tahunan tersebut.

Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad mengkonfirmasi kebenaran terkait Indonesia tidak mendapatkan kuota keberangkatan jamaah haji di tahun 2021 ini.

“Untuk sementara ini kita tidak usah membahas vaksin terlebih dahulu. Karena informasi terbaru yang kita dengar ini kita tidak mendapatkan kuota haji,” ungkap Dasco dalam keterangannya, Selasa 2 Juni 2021.

Baca Juga: Polri Ungkap Teroris dari Jaringan Jamaah Islamiyah

Baca Juga: Menteri Agama Yaqut Akan Afirmasi Hak Beragama Kelompok Syiah dan Ahmadiyah

Dengan begitu, sudah dua tahun berturut-turut tidak ada jemaah haji dari Indonesia yang berangkat ke tanah suci.

“Ini tentunya jadi pelajaran bagi kita supaya persoalan terkait vaksin lebih diperhatikan, sehingga hal seperti ini tidak kembali terulang,” sambungnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama akan mengambil sikap dan segera memutuskan nasib penyelenggaraan ibadah haji 2021 seusai menghadap Presiden Joko Widodo. 

"Tadinya ingin (menghadap presiden) besok tetapi ternyata hari libur, sampai Rabu saya akan berkomunikasi ke presiden dan kita akan membuat keputusan apakah kita menunggu terus atau kita putuskan sendiri," ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat rapat kerja bersama Komisi VIII DPR RI, Senin 31 Mei 2021.

Menteri Agama mengatakan pemerintah sudah tidak bisa menunggu lagi soal kepastian pelaksanaan ibadah haji dari pemerintah Arab Saudi.

Menurut dia pemerintah akan segera mengambil keputusan baik dengan atau tanpa pengumuman dari pemerintah Arab Saudi. Sebab, persiapan pelaksanaan haji sudah melewati batas akhir.

Baca Juga: Bila Nama Tidak Dapat BLT UMKM Rp3,6 Juta di eform.bri.co.id Bisa Pastikan dengan Cara Cek Link banpresbpum.id

"Kita tak boleh berpangku tangan, kita harus membuat keputusan soal ibadah haji ini. Keputusan ini harus kita buat dengan atau tanpa pengumuman dari pemerintah Arab Saudi," katanya.

Berdasarkan skenario hitungan pemberangkatan haji dengan kuota tertentu, telah melewati batas akhir.

Halaman:

Editor: D. W. Kusuma

Sumber: PMJ News ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah