6 Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi yang Perlu Diketahui Ibu

- 21 Mei 2024, 11:26 WIB
6 Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi yang Perlu Diketahui Ibu
6 Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi yang Perlu Diketahui Ibu /Pixabay/


PR Metro Lampung News--Penggunaan popok bayi yang terlalu lama diganti akan memicu timbulnya iritasi atau ruam pada kulit bayi. Oleh karena itu, berikut 6 cara mengatasi ruam popok pada bayi yang perlu diketahui oleh ibu.

Iritasi yang tidak cepat ditangani akan berdampak pada munculnya bakteri dipermukaan kulit bayi, oleh karena itu penting bagi para ibu untuk mengetahui cara mengatasi ruam popok untuk mengantisipasi dampak yang lebih jauh.

Seperti diketahui, popok menjadi sumber kotoran yang berasal dari air kencing maupun kotoran bayi lainnya yang menumpuk pada popok. Efek yang ditimbulkan adalah timbulnya iritasi yang ditandai dengan warna kemerahan pada area permukaan kulit bayi yang tertutup oleh popok.

Baca Juga: Ini 3 Rekomendasi Jogging Outfit Olahraga bagi Hijaber agar Tetap Nyaman dan Syar'i

Oleh karena itu, sudah seharusnya ibu memberikan perhatian khusus termasuk rutin melakukan penggantian popok pada bayi jika popok yang lama sudah terlalu penuh.

Cara Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Ruam popok yang dialami pada kulit bayi, akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan selalu rewel, hal ini karena efek dari iritasi tersebut membuat rasa panas sekaligus panas bagi bayi.

Tapi, ibu tak perlu khawatir, terdapat 6 cara mengatasi ruam popok pada bayi yang perlu diketahui oleh ibu;

Baca Juga: Penjelasan Mengenai 5 Jenis Perhiasan Berlian serta Fungsi dan Memilih Perhiasan Berlian bagi Wanita

1. Gunakan Popok yang Berkualitas

Cara mengatasi ruam popok pada bayi yang pertama adalah menggunakan popok yang berkualitas. Umumnya, popok bayi sudah dilengkapi penyerap berupa gel-gel khusus yang mampu menyerap cairan lebih cepat dan lebih banyak.

Selain itu, popok yang berkualitas baik umumnya akan tetap memberikan permukaan bagian dalam popok dalam keadaan tetap kering sehingga mampu mencegah timbulnya ruam sehingga bayi tetap merasa nyaman meskipun popok yang digunakan sudah penuh.

Halaman:

Editor: Malik Abdoel Djabar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah