Ratusan Warga Gedung Pakuon Bandar Lampung Hanya Punya Dua Toilet, YSC Galang Donasi untuk Rehabilitasi

- 11 April 2022, 17:10 WIB
Tampak depan toilet bersama Gedung Pakuon, Bandar Lampung yang dipakai warga berjumlah sekitar 150 orang
Tampak depan toilet bersama Gedung Pakuon, Bandar Lampung yang dipakai warga berjumlah sekitar 150 orang /Rilis YSC/

PRMN Metro Lampung News-- Toilet merupakan kebutuhan penting setiap insan. Idealnya tiap rumah tangga memiliki satu tempat MCK (mandi, cuci, kakus) masing-masing.

Sayangnya hal itu tidak berlaku di Gedung Pakuon, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung. Melalui rilis yang diterima redaksi, Ketua YSC Khorik Istiana menuliskan bahwa sekitar 150 warga dari RT 4 di wilayah setempat tidak dapat akses toilet layak.

Menurutnya, para masyarakat tersebut tidak bisa membuat toilet pribadi karena area lahan pemukiman yang ditempati merupakan tanah sewa. Maka, hanya dapat mengandalkan akses toilet bersama saja.

"Kondisi MCK bersama dibangun sejak 2022 kini memprihatinkan awal mula toilet berjumlah enam kini hanya tinggal dua tempat saja yang dipakai banyak pengguna bahkan dari RT lainnya juga," tulis Khorik.

Pada sisi lain kondisi tangki septik juga penuh karena tidak pernah disedot, keran, dan mesin pompa air juga rusak. Maka, pemuda peraih penghargaan internasional, yaitu Ton Schouten Award Wash Storytelling 2021 oleh IRC itu juga mengungkapkan perlu adanya perbaikan total untuk menyediakan akses toilet layak, seperti membangun tangki septik kedap kembali dan pengolahan limbah buangannya, perbaikan bangunan seperti pintu, keran, lampu dan lainnya.

Khorik mengajak perbaikan toilet RT 4 Gedung Pakuon, Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung dengan galang donasi. Bagi kalian yang ingin berdonasi silahkan akses link ini https://bakrieamanah.id/campaign/80/bantu-warga-gedong-pakuon-akses-toilet-layak atau KLIK DI SINI.

Lalu isi nominal donasi, nama lengkap atau anonim,masukan nomor gawai kalian, komentari harapan, metode pembayaran (BSI/BCA/MANDIRI/GOPAY/VA), dan klik tombol "donasikan".***

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Rilis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x