Ketua YSC Khorik Istiana Dapat Penghargaan Bergengsi Tingkat Internasional dan Uang 2500 Euro

- 3 Juni 2021, 20:07 WIB
Ketua YSC Khorik Istiana raih penghargaan Ton Schouten Award Wash Storytelling 2021
Ketua YSC Khorik Istiana raih penghargaan Ton Schouten Award Wash Storytelling 2021 /PRMN Metro Lampung/Alfanny Pratama/

PRMN Metro Lampung News-- Ketua Youth with Sanitation Concern (YSC) Lampung, yaitu Khorik Istiana raih penghargaan bergengsi tingkat internasional. Penghargaan itu bernama Ton Schouten Award Wash Storytelling 2021 yang diadakan oleh IRC.

Selain memberikan penghargaan Ton Schouten, Khorik diberi uang 2500 Euro. Terpilihnya Khorik Istiana hasil dari seleksi yang dilakukan oleh tiga panita seleksi diantaranya Jane Nabunnya Mulumba, Liduin Schouten, Nick Burn dan Dave Trouba.

Dilansir dari laman Ircwash.org, memberikan pula tanggapan bahwa sanitasi seringkali dianggap tabu atau kurang trendi sebagai topik pembicaraan yang menarik, sehingga perlu dihadirkan secara kreatif untuk menarik dan menggerakkan masyarakat, khususnya anak muda. Kelompok pemuda sering kali dikucilkan secara sosial, terutama di Wash, tetapi upaya Khorik dan teman-temannya untuk melibatkan mereka dalam percakapan tentang sanitasi yang dikelola dengan aman patut dipuji. 

“Khorik memiliki semangat dalam mengekspresikan tentang urgensi dan pentingnya masalah sanitasi yang muncul, di soroti dengan jelas dan dikomunikasikan dengan cara yang sangat orisinal,” ujar panitia seleksi melalui publikasi resminya.

Mengenal Organisasi IRC

Perlu tahu IRC adalah organisasi nirlaba independen yang mendorong sistem Water Sanitation and Hygiene (WASH) tangguh dari bawah ke atas. Penghargaan itu rutin dilakukan sejak 2017 silam.

Tujuan itu diberikan untuk mengenang sosok Ton Schouten yang bekerja dengan IRC selama 17 tahun. Dia merupakan pendongeng, pembuat film, serta mentor Wash.

Selain itu berfungsi untuk menggabungkan berbagai elemen khususnya menargetkan kelompok pemuda yang bergiat dalam sektor WASH di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Sebelumnya pada 2020 penghargaan ini diberikan kepads pemuda dari India, yakni Srilekha Chakraborty. Dia aktif diberbagai kegiatan advokasi Wash serta Hak Kesehatan Reproduksi Seksual (HKSR).

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x