GEF berikan 78 Juta Dolar AS Danai Proyek FAO di Dunia

- 19 Desember 2020, 14:39 WIB
Panen sidat oleh anggota Koperasi Mina Sidat Bersatu dampingan Proyek IFish di Cilacap, Jawa Tengah. GEF memberikan dana 78 Dolls AS untuk proyeksi FAO di dunia.
Panen sidat oleh anggota Koperasi Mina Sidat Bersatu dampingan Proyek IFish di Cilacap, Jawa Tengah. GEF memberikan dana 78 Dolls AS untuk proyeksi FAO di dunia. /FAO Indonesia

 

PR Metro Lampung News-- Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) menyambut baik keputusan the Global Environment Facility (GEF) Council untuk menyetujui 13 proyek—dengan besaran dana sejumlah 78,5 juta dolar AS —yang dipimpin oleh FAO di 16 negara. 

GEF merupakan fasilitas pendanaan global yang didirikan sejak tahun 1992 untuk membantu mengatasi masalah lingkungan yang paling mendesak di dunia.

Sejak itu, GEF telah menyediakan lebih dari 21,1 miliar dolar AZdalam bentuk hibah dan memobilisasi tambahan 114 miliar dolar AS dalam pembiayaan bersama untuk lebih dari 5.000 proyek di 170 negara.

Proyek-proyek GEF dan FAO tersebut akan menjawab krisis lingkungan global yang mempengaruhi produktivitas dan keberlangsungan sistem pertanian, perikanan dan kehutanan di darat dan perairan di lima benua. 

Direktur Jenderal FAO QU Dongyu menuturkan proyek akan dilaksanakan dalam skema kemitraan dan didanai bersama dengan pemerintah negara yang terlibat: Afghanistan, Azerbaijan, Benin, Brazil, Chili, Fiji, Indonesia, Madagaskar, Meksiko, Nikaragua, Pakistan, Filipina, Kepulauan Solomon, Tajikistan, Vanuatu, dan Venezuela.

Baca Juga : Rektor Itera Positif Covid-19

Proyek – proyek yang telah disetujui ini akan memberikan jalan bagi negara-negara tersebut untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19, seraya membangun ketahanan jangka panjang terhadap goncangan di masa depan yang disebabkan peningkatan resiko iklim di Dunia degradasi lingkungan.

“Ada kebutuhan mendesak untuk menciptakan jalur pembangunan yang lebih baik dan ramah lingkungan, dan kemitraan antara FAO dan the GEF dapat menciptakan peluang bagi negara dan komunitas untuk membangun sistem pertanian dan pangan yang lebih inklusif, tangguh dan berkelanjutan; untuk produksi yang lebih baik, nutrisi yang lebih baik, lingkungan yang lebih baik, dan kehidupan yang lebih baik,” kata Direktur Jenderal FAO QU Dongyu, dalam keterangan tertulis Sabtu, 19 Desember 2020. 

Proyek yang telah memperoleh persetujuan tersebut akan memberikan manfaat langsung kepada 480.000 orang, memulihkan lebih dari 340.000 hektar lahan yang terdegradasi, meningkatkan pengelolaan sekitar 7,4 juta hektar bentang darat, 5,2 juta hektar kawasan lindung darat dan laut, serta memitigasi 12,4 juta ton emisi gas rumah kaca.

Halaman:

Editor: D. W. Kusuma

Sumber: FAO


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x