4 Cara Mencegah Radiasi HP Saat Tidur, Supaya Tetap Sehat

- 6 Desember 2020, 13:16 WIB
Ilustrasi cara menghindari radiasi dari HP
Ilustrasi cara menghindari radiasi dari HP /Averyanovphoto/Pixabay
 
PR Metro Lampung News-- Cara mencegah radiasi HP ketika tidur penting untuk diketahui. Supaya tidur nyenyak, nyaman, dan tetap sehat. 
 
Penggunaan HP pada masyarakat kini hampir 24 jam penuh. Bahkan, HP hanya akan beristirahat jika pemakainya sedang tidur. 
 
Sayangnya, ketika tidur pun HP diletakkan di dekat tubuh pengguna. Hal itu akan mengakibatkan adanya radiasi HP pada tubuh. 
 
 
Cara menghindari radiasi HP pada tubuh telah disampaikan Kominfo yang dikutip pikiran-rakyat.com dalam artikel berjudul Bahaya, Kominfo Peringatkan Masyarakat untuk Tidak Tidur Dekat HP. Berikut adalah  4 cara mencegah radiasi HP ketika tidur. 
 
1. Menjauhkan HP dari tempat tidur
Cara pertama tentu saja letakkan jauh-jauh ponsel dari tempat tidur. Misalnya letakkan di meja kerja atau meja belajar yang berjarak satu sampai dua meter dari tubuh. 
 
Hal ini akan menjauhkan tubuh dari sinar radiasi yang bersumber dari HP. Selain itu akan membuat tubuh nyaman karena tidak terganggu dengan sinar atau bunyi dari HP. 
 
2. Mengubah HP menjadi mode pesawat
Cara kedua ubahlah pengaturan pada HP menjadi mode pesawat. Fungsinya agar HP tidak bisa mengakses sinyal atau paket data. 
 
Hal itu tidak akan membuat HP bekerja secara terus menerus. Paket data yang mati tidak akan memungkinkan bunyi atau lampu notifikasi muncul pada layar dan akhirnya menggangu aktivitas tidur. 
 
3. Menghindari penggunaan ponsel sebelum tidur
Berikutnya, jangan gunakan ponsel sebelum tidur. Terlebih sudah dalam kondisi mengantuk sekali. 
 
 
Hal ini dimaksudkan supaya mata tidak semakin lelah. Selain itu, supaya terhindar dari radiasi yang terlalu dekat dengan mata ketika bermain HP sambil tiduran. 
 
4. Mengurangi mengecek hp terlalu sering
Pada saat tidur, kadang ada waktu terbangun. Misalnya tengah malam  atau sepertiga malam. 
 
Nah, bila sudah terbangun jangan langsung mengecek HP. Terlebih, mata masih setengah terpejam bahkan kesadaran belum ada sepenuhnya. 
 
Demikian 4 cara mencegah radiasi HP yang dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Supaya penggunaan HP yang kini menjadi kebutuhan utama tidak menggangu kesehatan dan kenyamanan tubuh dan aktivitas. (Julkifli Sinuhaji/ Pikiran Rakyat).***

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: Pikiran Rakyat Keminfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x