6 Contoh Sikap yang Sesuai Pancasila Sila ke 4 di Lingkungan Masyarakat Sesuai Nilai Perilaku

- 31 Januari 2022, 09:53 WIB
6 contoh sikap yang paling sesuai dengan Pancasila Sila ke 4 Lingkungan Masyarakat
6 contoh sikap yang paling sesuai dengan Pancasila Sila ke 4 Lingkungan Masyarakat /pixabay/ibnuamaru /

 

PR Metro Lampung News-- Inilah 6 contoh sikap yang paling sesuai dengan Pancasila Sila ke 4 di lingkungan masyarakat sesuai nilai perilaku.

Dalam tatanan masyarakat Indonesia, tentu sudah menjadi kewajiban bahwa kita harus mampu menerapkan sikap-sikap sesuai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hidup bermasyarakat, Sila Pancasila yang sangat berhubungan erat dengan kehidupan kita yakni Pancasila 4.

Adapun bunyi butir sila ke 4 adalah “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan“.

Baca Juga: Lirik Lagu Pelajar Pancasila Oleh Kikan Namara Tuliskan Pesan Makna Merangkum 6 Karakter Utama Siswa Indonesia

Bunyi sila ke 4 pada Pancasila ini bisa ditarik kesimpulan bahwa dalam bermasyarakat hendaknya harus bisa menyelesaikan masalah dengan bermufakat.

Lalu, Pancasila sila ke 4 ini dilambangkan dengan kepala banteng. Kemudian, butir keempat Pancasila ini juga bermakna bahwa bangsa Indonesia mempunyai prinsip demokrasi dan kedaulatan rakyat.

Nah, dalam kehidupan sehari-hari terdapat perilaku di lingkungan masyarakat yang bisa mencerminkan sikap sesuai Pancasila sila ke 4.

Dilansir dari buku Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila karya Yulia Djahir, Cerminan dari sila ke 4 Pancasila ini ada contoh sikap yang menyimpang.

Halaman:

Editor: D. W. Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x