Ruang Lingkup Perdagangan Internasional dan Bagaimana Indonesia Mengumpulkan Devisa Negara

- 2 Maret 2021, 21:33 WIB
Perdagangan internasional dan bagaimana Indonesia mengumpulkan devisa negara.
Perdagangan internasional dan bagaimana Indonesia mengumpulkan devisa negara. /Unsplash

PR Metro Lampung News-- Salam sobat prestasi, pada artikel sebelumnya bersama kita telah mempelajari Perbedaan dan persamaan perdagangan antar daerah dan perdagangan internasional. 

Kini kita akan melihat Ruang lingkup perdagangan internasional dan bagaimana Indonesia mengumpulkan devisa negara.

Seperti yang kita ketahui, perdagangan internasional adalah perdagangan antarnegara dimana aktivitas tukar menukar barang dan jasa itu dilakukan oleh masyarakat/perusahaan di suatu negara dengan masyarakat/perusahaan dari negara lain sesuai perjanjian bersama.

Sebelum kita membahas Ruang lingkup perdagangan internasional, taukah kamu apa tujuan dilaksanakannya perdagangan internasional oleh suatu negara?

Baca Juga: Perbedaan dan Persamaan Perdagangan Antar Daerah dan Perdagangan Internasional

Suatu negara membuka wilayahnya untuk ikut andil dalam perdagangan internasional adalah demi menjangkau pasar yang lebih luas dan memperoleh keuntungan.

Tujuan perdagangan internasional lainnya yaitu memasok barang dan jasa penting dari negara lain yang tidak dapat diproduksi oleh negaranya sendiri, juga meningkatkan pendapatan negara.

Ketika suatu negara memiliki kemampuan penguasaan teknologi pengolahan sumber daya alam yang berbeda, hal ini merupakan faktor pendorong mereka untuk membuka perdagangan internasional.

Manfaat yang didapatkan adalah terjadinya transfer teknologi modern.

Halaman:

Editor: D. W. Kusuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x