4 Jawaban Kenapa Kita Harus Membantu Orang yang Kesusahan

- 28 Februari 2021, 16:07 WIB
4 Jawaban Kenapa Kita Harus Membantu Orang yang Kesusahan
4 Jawaban Kenapa Kita Harus Membantu Orang yang Kesusahan /Pixabay/ free photo

PR Metro Lampung News-- Saling tolong-menolong adalah ciri dari manusia sebagai makhluk sosial. Pada dasarnya, kita memiliki kewajiban untuk membantu orang khususnya yang berada di sekitar kita yang sedang mengalami kesusahan. Berikut 4 jawaban kenapa kita harus membantu orang yang kesusahan.

Ketika kita berada ditengah-tengah masyarakat kita membutuhkan orang lain dalam kehidupan kita. Itulah kenapa, perlunya sikap bertenggang rasa sebagai salah satu dari 4 jawaban kenapa kita harus membantu orang yang kesusahan.

Jawaban yang pertama mengapa kita harus membantu orang yang kesusahan adalah agama kita telah mengatur bahwa sebagai hamba-Nya kita diwajibkan untuk saling tolong-menolong termasuk bersedekah kepada orang disekitar kita yang tidak mampu karena selain turut membantu meringankan kesusahan orang lain kita juga mendapatkan pahala dari kebaikan itu.

Baca Juga: Sebutkan Macam-macam Bentuk Simbiosis Lengkap Penjelasan Contoh

Jawaban kedua adalah manusia adalah makhluk sosial yang tidak lepas dari makhluk lainnya mulai dari lingkungan terkecil yakni keluarga hingga dilingkungan yang besar yakni masyarakat.

Sehingga jika kita bersikap sombong dan tidak mau membantu orang lain maka kita akan tersisih dari masyarakat apalagi bangsa Indonesia terkenal dengan adat ketimurannya yang luhur dengan budi pekerti yang baik.

Kemudian, jawaban ketiga adalah; tak selamanya kita selalu berada dalam kondisi kecukupan, bahkan walaupun kita hidup serba kecukupan kita juga membutuhkan orang lain untuk membantu kita.

Karenanya, kita tidak bisa lepas dari manusia lainnya, demikian halnya ketika kita sedang berada dalam kondisi sulit atau susah, kita tentu sangat membutuhkan pertolongan orang lain.

Jawaban yang terakhir adalah sejak kecil orang tua mengajarkan kita untuk saling menolong meski hanya dengan saudara.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x