Penjelasan Pengaruh Globalisasi Terhadap Ketimpangan dalam Masyarakat dan Cara Mengatasinya

- 28 Februari 2021, 11:53 WIB
Penjelasan Pengaruh Globalisasi Terhadap Ketimpangan dalam Masyarakat dan Cara Mengatasinya
Penjelasan Pengaruh Globalisasi Terhadap Ketimpangan dalam Masyarakat dan Cara Mengatasinya /Pixabay/Geralt

PR Metro Lampung News-- Perkembangan dunia teknologi dengan kemudahan dalam mengakses internet memberikan dampak besar terhadap masyarakat baik positif maupun negatif. Berikut penjelasan pengaruh globalisasi terhadap ketimpangan dalam masyarakat dan cara mengatasinya. 

Melalui sebuah HP, segala macam informasi yang kamu butuhkan memang bisa dengan cepat tersaji di layar HP, tapi tak selamanya perkembangan teknologi bisa bermanfaat bahkan juga terkadang disalahgunakan untuk tindakan yang mengarah ke kejahatan karena pengaruh globalisasi terhadap ketimpangan dalam masyarakat dan bagaimana cara mengatasinya. 

Peran semua pihak mulai dari orang tua hingga pemerintah juga dibutuhkan dalam mengawasi dan menyaring informasi dari luar agar generasi penerus tidak dengan mudah terpengaruh arus globalisasi yang cenderung negatif.

Baca Juga: Cara Mengatasi Koin Snack Video +1 dan Tidak Bisa Check In Acara Terlalau Ramai

Selain itu, agama juga memiliki peran yang tak kalah penting untuk melindungi masyarakat khususnya remaja untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak sesuai dengan norma agama maupun budaya bangsa kita.

Penjabaran terhadap penjelasan pengaruh globalisasi terhadap ketimpangan dalam masyarakat dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut dimulai dengan era keterbukaan informasi yang tengah berlangsung saat ini.

Siapapun bisa mengakses apa saja, kapan saja dan dimana saja berkat teknologi internet yang membuat dunia seolah tanpa batas. Hal apapun bisa kita dapatkan hanya melalui layar ponsel.

Ketika ini terjadi, banyak masyarakat khususnya remaja dan anak-anak yang tidak mampu atau belum mampu memfilter informasi mana saja atau perilaku apa saja yang bisa dan tidak bisa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari termasuk ketika berada di tengah-tengah masyarakat.

Contoh-contoh seperti cara berpakaian, bersosialisasi dan bertindak bisa jadi sangat terpengaruh oleh budaya-budaya dari luar yang kita dapatkan dari internet yang kemudian diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x