Perlunya Harmoni dalam Keberagaman Masyarakat

- 28 Februari 2021, 12:19 WIB
Penjelasan perlunya harmoni dalam keberagaman masyarakat
Penjelasan perlunya harmoni dalam keberagaman masyarakat /Pixabay/Bob_Dmyt

PR Metro Lampung News-- Sebagai sebuah bangsa, kita patut bersyukur dan bangga dengan begitu banyaknya keragaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Tentunya tak mudah mempersatukan perbedaan itu sehingga diperlukan harmoni dalam keberagaman masyarakat itu.

Seandainya harmoni dalam keberagaman masyarakat dikesampingkan, bukan tidak mungkin akan terjadi perpecahan antar golongan yang bisa merusak persatuan kita sebagai bangsa yang besar.

Padahal, begitu banyak keberagaman yang kita miliki, mulai dari suku, bahasa dan adat istiadat.

Semua perbedaan itu berada dalam sebuah bangsa. Kita tentu masih ingat bagaimana penjajah berusaha memecah belah persatuan bangsa dengan politik adu domba yang membuat kita semua susah.

Baca Juga: Penjelasan Pengaruh Globalisasi Terhadap Ketimpangan dalam Masyarakat dan Cara Mengatasinya

Pentingnya toleransi antar masyarakat mulai dari toleransi beragama, sikap tenggang rasa dan saling tolong menolong adalah bagian kecil dari harmoni yang harus ditumbuhkan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jangan pernah melihat perbedaan sebagai sebuah cara untuk memandang rendah orang lain yang dampaknya bahkan bisa sangat luas, seperti rasa permusuhan hingga perpecahan.

Pengalaman-pengalaman sejak masa pra republik hingga pra kemerdekaan selayaknya bisa membuat kita introspeksi bahwa perpecahan hanya akan membuat bangsa Indonesia tak akan pernah maju.

Perlunya penanaman sikap tenggang rasa harus dilakukan sejak dini.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x