Download Bank Soal CPNS atau CASN Terbaru 2020-2021 PDF Gratis Lengkap Dengan Pembahasan Kunci Jawaban

- 24 Mei 2021, 14:19 WIB
download soal CPNS terbaru 2020-2021 PDF gratis lengkap dengan pembahasan kunci jawaban
download soal CPNS terbaru 2020-2021 PDF gratis lengkap dengan pembahasan kunci jawaban / unsplash / Green Chameleon/

PR Metro Lampung News-- Sebentar lagi pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka yah teman-teman, saudara-saudara kita semua. Berikut simak untuk download bank dan contoh soal CPNS atau CASN terbaru 2020-2021 PDF gratis lengkap dengan pembahasan kunci jawaban.

Menurut Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka seleksi CPNS 2021 pada 30 Mei hingga 31 Juni 2021. Berikut download bank dan contoh soal CPNS atau CASN terbaru 2020-2021 PDF gratis lengkap dengan pembahasan kunci jawaban.

Sebagai informasi rekruitmen tahun 2021 akan meliputi 3 katagori, yaitu Calon Pegawai Negara Sipil (CPNS), Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan Sekolah kedinasan.

Tahapan penyeleksian hingga dinyatakan lolos menjadi PNS iyalah melalui seleksi administrasi, seleksi kemampuan dasar (SKD), dan seleksi kemampuan bidang (SKB).

Kemudian, materi pengujian SKD yang akan dilakukan terdiri dari 3 pengujian yaitu, Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sementara untuk Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) bisa berbeda-beda tergantuk dengan kebutuhan formasi yang dituju. Misal berupa tes fisik, bahasa asing, kesehatan jiwa, dan lain sebagainya.

Berbeda dari CPNS untuk katagori Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan diuji menggunakan sistem UNBK (UjiAN Nasional Berbasis Komputer) dari Kemendikbud.

Nah, untuk itulah dibutuhkan latihan untuk bisa lolos dalam proses seleksi kemampuan dasar (SKD) dengan mencoba mengerjakan soal.

Hal ini dikarenakan banyaknya peserta yang gagal di bagian seleksi kemampuan dasar (SKD) bukan tidak berkompeten dalam bidangnya.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah