Hujan Deras, Ruas Jalan di Jakarta Terendam Banjir, Tol Ditutup Sementara

- 20 Februari 2021, 12:07 WIB
Sejumlah kendaraan terjebak banjir di ruas Tol TB Simatupang, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang disebabkan oleh tingginya curah hujan tersebut menyebabkan kemacetan panjang di ruas tol tersebut. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Sejumlah kendaraan terjebak banjir di ruas Tol TB Simatupang, Jakarta, Sabtu (20/2/2021). Banjir yang disebabkan oleh tingginya curah hujan tersebut menyebabkan kemacetan panjang di ruas tol tersebut. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa. /Indrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO
 
PR Metro Lampung News-- Polda Metro Jaya melalui Petugas Direktorat Lalu Lintas melaporkan 40 ruas jalan di wilayah Jakarta terendam air. 
 
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo mengatakan ruas jalan yang terendam air di antaranya Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur dari arah Cawang menuju Kalimalang Bekasi, banjir Jakarta itu akibat guyuran hujan lebat dan limpasan air sungai pada Sabtu 20 Februari 2021, pagi. 
 
"Genangan air yang cukup mengganggu pengendara berada di kawasan Cawang arah Bekasi," kata Sambodo, Sabtu 20 Februari 2021. 
 
Dari pantauannya, jalan DI Panjaitan, Cawang terendam banjir setinggi 50 sentimeter tepatnya di sekitar kolong Tol Cawang.
 
Petugas lalu lintas mengalihkan kendaraan menuju sejumlah jalan alternatif. 
 
 
Petugas mengarahkan pengendara berputar balik.
 
Sambodo mengatakan lokasi lainnya tersebar di beberapa lokasi, antara lain kawasan Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, yang saat ini lumpuh total.
 
Pihaknya pun memutus lalu lintas ke arah Kuningan dan Blok M serta sebaliknya.
 
Banjir Jakarta juga terjadi kawasan Hek dekat Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 
 
"Untuk sepeda motor di lokasi sekitaran Hek kita alihkan dulu masuk ke dalam tol, lalu keluar lagi di jalan arteri," katanya.
 
Tutup Tol
 
Dalam rangka fokus pada penanganan banjir di jalan tol, PT Hutama Karya memutuskan untuk menutup sementara beberapa gerbang tol di Jalan Tol Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) pada Sabtu 20 Februari 2021. 
 
Branch Manager Ruas Tol JORR-S Hutama Karya Rubiantoro menuturkan, menindaklanjuti situasi ini, HK menutup sementara beberapa Gerbang Tol (GT) yakni GT Kampung Rambutan, GT Gedong 2, GT Lenteng Agung 2, GT Ciputat 1, GT Pondok Pinang, GT Fatmawati 1 dan GT Ampera 1 hingga pukul 12.00 WIB. 
 
 
Menurut dia, saat ini telah dilakukan penanganan oleh Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya selaku pengelola tol JORR-S dengan menurunkan tim tanggap genangan dan tim rescue yang berada di lokasi.
 
Selain itu, Hutama Karya juga melakukan evakuasi pengguna jalan yang terjebak di lokasi tersebut.
 
Hutama Karya juga mengeluarkan kendaraan melalui Gerbang Tol Lenteng Agung 2, Off Ramp Gedong dan Off Ramp Lenteng/Pasar Minggu.
 
Sedangkan untuk Jalur A dikeluarkan melalui Gerbang Tol Ampera 1, Gerbang Tol Fatmawati 1 dan Off Ramp Fatmawati.
 
"Hutama Karya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul dan menghimbau pengguna untuk mencari jalan alternatif serta selalu berhati-hati dalam berkendara," kata Branch Manager Ruas Tol JORR-S Hutama Karya itu. 
 
 
Sebelumnya curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Jumat 19 Februari 2021 tepatnya pukul 23.35 WIB hingga Sabtu 20 Februari 2021 pukul 05.50 WIB.
 
Akibatnya terdapat genangan dan longsoran di beberapa titik jalan tol JORR-S.***

Editor: D. W. Kusuma

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x