Pemasangan Barcode Vaksin Covid-19 Pada Tubuh Manusia adalah HOAX

- 7 Desember 2020, 20:01 WIB
Ilustrasi vaksin
Ilustrasi vaksin /Pixabay/Shafin_Protic

PR Metro Lampung News-- Pemasangan barcode vaksin covid-19 pada tubuh manusia adalah hoax atau tergolong konten yang menyesatkan atau misleading content.

Dilansir dari laman resmi pemerintah covid19.go.id, faktanya, barcode bukan dipasang pada badan manusia tetapi pada botol vaksin COVID-19 yang berfungsi untuk pendataan masyarakat yang akan divaksinkan.

Beredar postingan dari akun Facebook Al Fakir Ansar Kaiyo berupa sebuah tangkapan layar dengan kutipan narasi dari kompas.com berserta klaim bahwa adanya pemasangan barcode pada badan manusia. Postingan ini diposting pada 2 Desember 2020.

Baca Juga: Kiat Aman Berbelanja di Mal Saat Pandemi Covid-19

Berdasarkan artikel kompas.com, pemasangan barcode pada botol vaksin COVID-19 digunakan untuk pendataan masyarakat yang akan divaksin dan vaksin COVID-19 akan terdiri dari 2 jenis yaitu vaksin bantuan dari pemerintah dan vaksin mandiri.

Vaksin bantuan dari pemerintah ditujukan untuk tenaga kesehatan, TNI/Polri, dan petugas yang terjun langsung dalam penanganan COVID-19 dan masyarakat tidak mampu sedangkan vaksin mandiri ditujukan untuk masyarakat yang mampu.


Penggunaan barcode pada vaksin bukan hal baru, PT Bio Farma memasang barcode pada produk vaksin COVID-19 untuk mencegah beredarnya vaksin COVID-19 palsu, memudahkan distribusi, dan mencegah adanya upaya penimbunan vaksin.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim pemasangan barcode pada badan manusia adalah tidak benaran termasuk dalam Konten yang menyesatkan/misleading content.***

 

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: covid19.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah