Kiat Aman Berbelanja di Mal Saat Pandemi Covid-19

- 7 Desember 2020, 18:58 WIB
Ilustrasi berbelanja di mal
Ilustrasi berbelanja di mal /Pixabay/OpenClipart-Vectors

PR Metro Lampung News-- Saat ini pandemi virus covid-19 belum berakhir. Pastikan Anda menjaga diri secara baik. Bagi Anda yang ingin berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tentu saja harus tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Dilansir dari laman antaranews, Professor Paul Glasziou di Institute for Evidence-Based Healthcare, Australia, beranggapan bahwa fakta orang-orang sering berpindah-pindah di pusat perbelanjaan menunjukkan risiko yang kecil mereka tertular COVID-19. 

Orang paling rentan tertular Covid-19 menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah mereka yang berada dalam jarak satu meter dari kasus positif setidaknya selama 15 menit.

Baca Juga: Satu Kontestan Tereliminasi! Siapa Sajakah TOP 3 Masterchef Indonesia Season 7?

Glasziou menambahkan di pusat perbelanjaan hal tersebut masih bisa diatasi. Berbeda halnya di restoran dan kafe yang menghadirkan risiko yang lebih tinggi karena orang berada di sana dalam jangka waktu yang lebih lama.

Meski begitu, ahli epidemiologi yang memberikan saran untuk WHO, Mary-Louise McLaws, tetap menyarankan orang-orang mempraktikan jarak sosial di pusat perbelanjaan yang mungkin lebih sulit. Ketimbang 1,5 meter, dua meter lebih aman untuk menghindari terkena COVID-19.

Selain menjaga jarak, mengenakan masker juga tak bisa ditawar lagi. Pakar immunologi di NYU Langone Health di New York City, Purvi Parikh mewajibkan semua orang memakai masker di pusat perbelanjaan.

"Orang-orang seharusnya tidak boleh masuk ke toko jika tak mengenakan masker. Jarak harus diterapkan, dan masker harus diterapkan. Permukaan benda (di toko) perlu dibersihkan. (Staf) harus membersihkan dan menyeka permukaan benda-benda (di lokasi perbelanjaan yang sering disentuh orang) sesering mungkin", kata Parikh.

Direktur Senior Pencegahan Infeksi di The Johns Hopkins Health System, Lisa Lockerd Maragakis mengatakan, selain masker, orang-orang juga perlu mencuci tangan atau membersihkan tangan dengan cairan pembersih tangan terutama saat berada di dalam gedung yang menjadi tempat orang berkumpul atau bergerak.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x