Terkini Terjadi Gempa 5,5 Magnitudo di Tanggamus Hingga Sekitar Kota Bandar Lampung Tak Berpotensi Tsunami

- 6 Agustus 2021, 19:22 WIB
Telah terjadi gempa hari ini 5,5 M hingga terasa Kota Bandar Lampung
Telah terjadi gempa hari ini 5,5 M hingga terasa Kota Bandar Lampung /BMKG Twitter/

PR Metro Lampung News-- Terkini ada gempa di Kabupaten Tanggamus hingga sekitar Kota Bandar Lampung yang berkekuatan 5,5 magnitudo pada hari ini Jumat 6 Agustus 2021.

Kejadian serupa juga terjadi pada 22 Juli 2021 lalu dengan kekuatan 3,6 M, kini lebih besar hingga terasa di sekitar wilayah Bandar Lampung.

Gempa terjadi sekitar pukul 18.08 WIB dengan titik koordinat 104,58 bujur timur dan 6,43 lintang selatan dengan kedalaman 10 Km dibawah permukaan laut.

Pusar gempa dideteksi terjadi di laut dengan jarak 106 Km barat daya Tanggamus namun warga sekitar Bandar Lampung ikut merasakannya.

Hal ini diinformasikan secara resmi oleh BMKG lewat bmkg.go.id maupun media sosialnya salah satunya twitter.

"Gempa Mag:5.5, 06-Agu-21 18:08:15 WIB, Lok:6.43 LS,104.58 BT (106 km BaratDaya TANGGAMUS-LAMPUNG), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami," dikutip oleh PR Metro Lampung News.

Getaran dirasakan dalam skala MMI (Modified Mecalli Insensity) I-IV di wilayah sekitar Provinsi Lampung.

Diketahui gempa dirasakan dalam skala MMI I-II terjadi di daerah Natar, Bayah, Cisarua, dam panjang artinya getaran hanya dirasakan oleh beberapa orang.

Lalu untuk skala MMI III yang terjadi di wilayah Bojong Geteng, Palabuhan Ratu, Cibadak, Kota Agung, Bandar Lampung, Krui yang artinya gerataran dirasakan secara nyata dalam rumah dan seakan-akan ada gelombang yang datang.

Sedangkan dalam skala MMI IV terjadi di Liwa yang artinya getaran dirasakan nyata oleg banyak orang di dalam rumah, diluar hingga jendela/pintu berderik, dinding berbunyo atau ada gerabah yang pecah.

Belum diketahui ada tidaknya kerusakan maupun korban jiwa dari gempa yang terjadi di laut Tanggamus.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x