Update! IU Sabet 3 Penghargaan dalam Ajang MAMA 2020

- 6 Desember 2020, 20:28 WIB
Lee Ji-eun  (IU)
Lee Ji-eun (IU) /Instagram.com/@dlwlrma/

PR Metro Lampung News-- Lee Ji-eun atau yang biasa dikenal dengan IU memenangkan tiga penghargaan sekaligus dalam ajang bergengsi MAMA 2020 atau Mnet Asian Music Awards.

Kemampuannya dalam bernyanyi, menjadi komponis, aktris, gitaris, penari dan pembawa acara televisi, membawa gadis kelahiran 16 Mei 1993 ini memenangkan kategori Artis Wanita Terbaik, Penampilan Vokal Solo Terbaik, dan Penampilan Kolaborasi Terbaik dalam MAMA 2020.

IU melakukan debut pada tahun 2008, di bawah naungan LOEN Entertainment dengan genre musik K-Pop. Nama panggungnya berasal dari kata "I and You (Aku dan Kamu)" yang melambangkan bahwa "kita" dapat menjadi "satu" melalui musik.

Baca Juga: Pesona Song Joong-ki, Membuatnya Terpilih Membawakan Acara MAMA 2020

Ia berhasil mengalahkan nominee lainnya yaitu Taeyeon, Hwasa, Sun Mi, dan Chungha dalam kategori Artis Wanita Terbaik.

Sebagai salah satu artis solo terlaris di industri K-pop, yang didominasi oleh grup pria dan wanita, ia telah dimasukkan pada daftar tahunan Korea Power Celebrity oleh majalah Forbes sejak 2012, mencapai peringkat puncak nomor tiga pada tahun 2012.

Billboard memberi pengakuan IU sebagai pemimpin sepanjang masa dalam peringkat Korea K-Pop Hot 100 dengan lagu terbanyak dan artis yang memegang posisi nomor satu paling banyak di minggu tersebut.

Selain karier bermusiknya, IU juga berkelana menjadi pembawa acara radio dan televisi, sekaligus berakting. Mengikuti peran pendukungnya di drama remaja Dream High dan penampilan kecil di beberapa serial televisi, IU tampil dalam serial You're the Best, Lee Soon-shin, Pretty Man, The Producers, Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, My Mister dan Hotel Del Luna.***

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x