Apa Itu Ramsay Hunt Syndrome Dialami Justin Bieber? Ini Penyebab dan Gejala Penyakit Wajah Lumpuh Setengah

- 11 Juni 2022, 22:07 WIB
Penjelasan apa itu Ramsay Hunt Syndrome ini ciri-ciri yang dialami
Penjelasan apa itu Ramsay Hunt Syndrome ini ciri-ciri yang dialami /pixabay/ fernandozhiminaicela /

PR Metro Lampung News– Sejak awal Juni 2022, Penyanyi kelahiran Kanada, Justin Bieber, mengabarkan bahwa dirinya mengidap sebuah penyakit.

Kabar ini kemudian disusul dengan penundaan beberapa jadwal konser. Hingga pada 11 Juni 2022, dirinya umumkan idap penyakit sindrom Ramsay Hunt.

Dalam video yang diunggah Bieber pada akun instagramnya @justinbieber, ia menceritakan bahwa mengalami gejala kelumpuhan pada sebagian wajah lebih spesifiknya wajah bagian kanan.

Kelopak mata kanannya terlihat lebih jarang berkedip, bibir dan pipi tidak bergerak meskipun ia mencoba untuk membuat ekspresi senyum.

Menurut sebuah artikel ilmiah yang diunggah pada situs milik National Library of Medicine karya dua peneliti korea pada 28 Desember 2018, sindrom Ramsay Hunt adalah penyakit yang menyerang telinga, menyebabkan ruam pada kulit, hingga mengganggu sistem saraf wajah.

Penyakit ini disebabkan oleh virus varicela-zoster. Virus ini termasuk ke dalam jenis herpes akut yang umum dikenal sebagai penyebab penyakit cacar api.

Ramsay Hunt umumnya terjadi pada orang yang memiliki riwayat penyakit cacar jenis tersebut

Seseorang yang pernah terserang penyakit cacar api, meskipun sudah sembuh dan sepenuhnya pulih, tetap membawa virus herpes di dalam tubuhnya.

Virus yang berdiam ini tidak berbahaya karena hanya sebatas menetap tanpa menyerang tubuh.

Halaman:

Editor: Hanisaul Khoiriyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x