Mentimun Mengandung Nutrisi Tinggi dan Rendah Kalori

- 13 Desember 2020, 06:00 WIB
Timun merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan
Timun merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan /Unsplash/Michael Longmire

PR Metro Lampung News-- Siapa yang tidak kenal dengan timun atau mentimun? Biasanya mentimun disajikan pada pecel, lalapan, acar, maupun salad.

Jenis sayuran yang kerap kali disebut timun atau ketimun ini, ternyata memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Meski umumnya dianggap sayuran, mentimun sebenarnya adalah tergolong ke dalam jenis buah-buahan.

Mentimun diketahui mengandung nutrisi tinggi, senyawa tanaman dan antioksidan tertentu yang dapat membantu mengobati, bahkan mencegah beberapa kondisi pada tubuh.

Selain itu, mentimun juga rendah kalori dan mengandung banyak air serta serat larut, membuatnya ideal untuk meningkatkan hidrasi dan membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari pikiran-rakyat.com dalam artikel 6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan. 

berikut adalah beberapa manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh:

1. Kaya akan Nutrisi
Mentimun adalah buah atau sayuran yang rendah kalori, tetapi tinggi air dan beberapa vitamin juga mineral penting, jika dimakan dengan kulitnya akan memberikan nutrisi dalam jumlah maksimal.

Dalam satu mentimun mentah berukuran 11 ons yang belum dikupas, mengandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin C dan K, magnesium, kalium, mangan, hingga terdiri dari 95 persen air. Agar dapat memaksimalkan kandungan gizinya, mentimun harus dimakan tanpa dikupas agar tak mengurangi jumlah serat, vitamin dan mineral tertentu.

Baca Juga: Cicip 5 Makanan Tradisional Khas Lampung

2. Mengandung Antioksidan
Mentimun mengandung antioksidan, termasuk flavonoid serta tanin yang dapat mencegah penumpukan radikal bebas berbahaya. Jika tidak dihindari, akumulasi radikal bebas berbahaya ini dapat menyebabkan beberapa jenis penyakit kronis.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x