Benarkah Uang Bisa Membeli Kebahagiaan?

- 3 Desember 2020, 11:23 WIB
ilustrasi uang bisa membeli kebahagiaan
ilustrasi uang bisa membeli kebahagiaan /Pixabay/image4you

PR Metro Lampung News-- Beberapa orang berpendapat bahwa "uang tidak bisa membeli kebahagiaan", namun ungkapan tersebut bisa saja keliru. Bagi mereka, uang tidak memiliki kaitan atau tidak relevan dengan kebahagiaan yang didapatkan.

Dilansir dari laman Bussinessinsider, bahwasanya uang dapat membeli kebahagiaan. Namun juga jangan disalahartikan, antara uang dan kebahagiaan bukan melulu tentang mengumpulkan kekayaan, melainkan menggunakan kekayaan itu sebagai alat untuk menumbuhkan perasaan positif jangka panjang.

Bahagia bisa didapatkan dengan uang, misalnya dengan menyumbangkan uang untuk amal. Tentu, melihat respons bahagia orang yang Anda beri, diri Anda akan merasakan bahagia yang sama.

Baca Juga: WHO: Pentingnya Penggunaan Masker di Tempat Minim Ventilasi

Di sisi lain, menggunakan uang untuk berlibur juga bisa menambah semangat Anda dalam menjalani aktivitas. Tidak ada keraguan, bahwasanya antara uang dan kebahagiaan juga saling berkaitan.

Kebahagiaan yang didapat dengan uang, bisa dilihat dari kebiasaan Anda mengatur keuangan tersebut. Berikut adalah 4 hal yang dapat Anda jalani untuk mendapat kebahagiaan dengan uang yang Anda miliki.

1. Beli waktu diri sendiri
Profesor Harvard Ashley Whillans menemukan bahwa orang yang menghabiskan uang untuk menghemat waktu lebih bahagia daripada mereka yang menghabiskan uang itu untuk benda-benda material.

Dalam artian bahwa, saat Anda merasa banyak hal yang tidak bisa Anda lakukan dalam satu waktu, maka Anda bisa gunakan uang Anda untuk menyewa jasa orang lain untuk membantu Anda, seperti menyewa jasa seseorang untuk memotong rumput di rumah, membayar layanan kebersihan untuk merapikan rumah Anda, layanan mencuci pakaian, atau bahkan Anda dapat menggunakan layanan pesan-antar untuk hadiah ulang tahun seseorang, alih-alih Anda mengemudi dan memilih barang di pusat perbelanjaan yang tentunya bisa memakan waktu cukup banyak.

"Penyesalan pembeli adalah perasaan yang mengerikan, tetapi saya tidak pernah bekerja dengan siapa pun yang menyesal membayar uang untuk pengalaman dengan keluarga atau teman-teman mereka," kata perencana keuangan bersertifikat dengan Inspire Wealth Partners, Matt Cooley.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: Business Insider


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x