Mengapa Kancing Baju Perempuan Berada di Kiri dan Kancing Baju Laki-laki Berada di Kanan

- 1 Desember 2020, 20:52 WIB
ilustrasi kancing kemeja pria dan wanita
ilustrasi kancing kemeja pria dan wanita /Pixabay/weinstock

PR Metro Lampung News-- Jika Anda mengenakan kemeja pria, kancing biasanya terdapat di sebelah kanan. Sebaliknya, jika itu kemeja wanita, kancing biasanya ada di sebelah kiri. Hal yang sama juga berlaku pada ritsleting jaket.

Tetapi mengapa letak kancing perempuan dan laki-laki berlainan ya? Ternyata, pada zaman dahulu, gender menentukan bagaimana pakaian akan dibuat.

Pada zaman sekarang, dengan model unisex, perempuan dan laki-laki bebas bereksperimen dengan pakaian mereka. Saat ini, pakaian tidak lagi menentukan jenis kelamin seseorang.

Baca Juga: Tips Gaya Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan 

Dilansir dari timesofindia, 1 Desember 2020, dahulu kala, wanita kelas atas tidak memakai pakaiannya sendiri. Hal ini memudahkan pelayan bertangan kidal untuk menutup kancing-kancing kemeja wanita kelas atas tersebut.

Teori kedua, banyak ahli sejarawan mengatakan bahwa lebih mudah bagi pria untuk menyimpan senjata mereka dengan tangan dominan.

Jadi, kancing di sebelah kanan memudahkan para pria untuk memasukkan tangan ke baju dan jaket.

Sementara, di zaman Kaisar Prancis Napoleon Bonaparte, beliau sering diejek oleh banyak wanita, karena berpose menggunakan rompi, yang dianggap sebagai tanda kehormatan. Kemudian, ia memerintahkan untuk membuat kemeja wanita memiliki kancing di sisi berlawanan dari pria.

Teori selanjutnya yaitu, pada zaman dahulu, wanita menunggang kuda menggunakan posisi menyamping ke kanan. Dengan memasang kancing di sebelah kiri, ini akan mengurangi angin yang masuk ke dalam pakaian perempuan ketika mereka berkuda.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: timesofindia.indiatimes.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x