Tips Gaya Hidup Sehat yang Mudah Dilakukan

- 1 Desember 2020, 13:49 WIB
Tips Gaya Hidup Sehat
Tips Gaya Hidup Sehat /Pixabay/Nerivill

PR Metro Lampung News-- Dalam beradaptasi dengan kebiasaan baru menghadapi pandemi Covid-19, diperlukan metabolisme tubuh yang optimal.

Tubuh yang kurang sehat akan membuat aktivitas di era New Normal menjadi kian rentan.

Beraktivitas di luar rumah juga harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang diiringi gaya hidup sehat. Lantas, bagaimanakah gaya hidup sehat yang mudah dilakukan? Dilansir dari laman resmi Kementerian Pemuda dan Olahraga (@kemenpora), terdapat 5 tips yang bisa kita ikuti, yuk disimak.

1.Hindari tidur larut malam
Hindari tidur larut malam dan meluangkan waktu tidur setidaknya 6 jam agar tubuh mendapatkan waktu beristirahat yang layak.

Baca Juga: KPU Bandar Lampung Bakal Bakar Ribuan Surat Suara yang Rusak

2. Berjemur untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup
Supaya mendapatkan asupan vitamin D bisa dilakukan pada pagi hari sebelum mulai beraktivitas seperti biasa, yaitu cukup dengan terpaan sinar matahari pagi. Caranya dengan berjemur sejenak, atau sembari berjalan santai keliling area rumah yang terbuka.

3. Jalan tanpa alas kaki untuk kontak langsung dengan permukaan tanah
Bumi memiliki elektron bebas yang tidak akan habis. Kalau kita bersentuhan langsung dengan permukaannya, maka tubuh kita pun akan menerima energi positif yang untuk kesehatan. Kegiatan tersebut bisa kita lakukan setiap pagi, 10-15 menit berjalan tanpa alas kaki sembari menyerap kebaikan matahari pagi.

4. Mengonsumsi asupan fermentasi untuk kesehatan usus dan pencernaan
Asupan fermentasi misalnya teh kombucha, susu rendah lemak hasil fermentasi seperti yoghurt atau fromage frais yang merupakan keju segar yang lembut dan terbuat dari susu. Asupan ini dapat dikonsumsi secara rutin untuk memicu pertumbuhan bakteri baik pada tubuh dan sebagai suplemen probiotik alami.

5. Menggosok gigi secara teratur dan banyak minum air mineral untuk kesehatan mulut
Mulut merupakan area lembab tempat bakteri mudah berkembang biak. Mulut juga berkaitan langsung dengan usus yang memberikan jalan ke aliran darah pada tubuh. Maka, jagalah kebersihan mulut dengan rajin menggosok gigi dan banyak minum air mineral untuk memancing produksi air liur yang banyak. ***

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: Kemenpora


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x