5 Panduan Menggunakan Menstrual Cup

- 1 Desember 2020, 12:51 WIB
Cara Menggunakan Menstrual Cup /Lutfi Yulisa

PR Metro Lampung News-- Sebelum menggunakan Menstrual cup, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih ukuran menstrual cup yang pas. Ada tiga ukuran menstrual cup yang beredar di pasaran. Ukuran XS atau mini untuk remaja ataupun wanita yang membutuhkan ukuran yang lebih kecil. S Untuk wanita yang belum pernah melahirkan. L Untuk wanita yang sudah pernah melahirkan.

Menstrual cup ukuran kecil biasanya digunakan untuk wanita yang belum pernah melahirkan normal. Pemilihan ukuran ini juga bisa disesuaikan dengan volume darah pada siklus haid.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan menstrual cup:

1. Lumasi bibir corong menstrual cup dengan air atau pelumas berbahan air, agar lebih mudah dimasukkan.

2. Jepit atau lipat corong menstrual cup menjadi dua dengan salah satu tangan. (Pilih lipatan yang dirasa paling nyaman)

3. Masukkan corong (dalam keadaan terlipat dan menghadap atas) ke dalam vagina secara perlahan. Setelah dimasukkan, corong otomatis akan terbuka kembali dan terpasang pada posisinya, yaitu beberapa cm di dalam saluran leher rahim.

4. Masukkan kembali jarimu sedikit ke dalam vagina dan putar bagian bawah corong untuk memastikan menstrual cup sudah terpasang sempurna, sehingga darah menstruasi tidak bocor.

5. Bila menstrual cup terpasang dengan benar, kamu tidak akan merasa ada benda mengganjal atau tidak nyaman. Kamu dapat beraktivitas dengan bebas, termasuk berolahraga, tanpa takut mens cup terlepas maupun menimbulkan bocor. Selamat mencoba!***

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X