Merasa Stres Menghadapi Sosial Media? Atasi dengan Trik Berikut, Semoga Bisa Membantu Ya!

- 1 Desember 2020, 08:22 WIB
Stres Menghadapi Sosial Media
Stres Menghadapi Sosial Media /Pixabay/1388843

PR Metro Lampung News-- Saat ini, sepertinya setiap dering notifikasi dari ponsel Anda hanya menimbulkan lebih banyak kecemasan. Media sosial bisa membuat stres karena berbagai alasan.

Apalagi ketika mendapati diri Anda berada di tengah-tengah siklus berita yang sangat meresahkan, rasanya akan sulit untuk melepaskan diri Anda.

Meskipun sangat penting untuk selalu mengikuti perkembangan terkini, jika Anda mulai takut memeriksa ponsel Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres di media sosial. Dilansir dari Popsugar, berikut trik mengatasi rasa stres dalam menghadapi sosial media:

Baca Juga: Andrej Plenkovic , Perdana Menteri Kroasia positif corona

1. Blokir atau nonaktifkan akun yang menambah stres
Ini salah satu solusi yang lebih sederhana, tetapi jika Anda menemukan akun tertentu yang dirasa negatif, ada cara untuk menghindari melihat unggahan tersebut di layar ponsel Anda. Sebagai bagian dari pekerjaannya, Dolly Klock, MD, membantu keluarga menavigasi teknologi, dan sarannya adalah melakukan apa yang membuat Anda merasa baik. "Jika unggahan yang Anda lihat membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri atau membuat Anda stres, pikirkan untuk memblokir sementara akun tersebut", imbuhnya. Di situs-situs seperti Twitter dan Instagram , Anda juga dapat 'membisukan akun' setiap orang tanpa mereka mengetahuinya, yang mungkin berguna jika seseorang yang Anda ikuti mengunggah hal-hal yang tidak Anda inginkan di laman Anda.

2. Ikuti akun yang menyebarkan hal-hal positif, sehingga membuat Anda lebih nyaman
Anda mungkin tidak dapat memblokir setiap akun yang membuat Anda stres, tetapi "Anda dapat menemukan akun lain untuk diikuti yang mengirimkan pesan positif dan humor", kata Dr. Klock. Coba cari di halaman jelajah Anda, atau bisa juga minta teman merekomendasikannya untuk Anda.

3. Gunakan laporan screentime pada pengaturan di ponsel Anda
"Ponsel akan memberi Anda laporan pewaktu layar, dan Anda dapat mengaturnya untuk berapa jam Anda ingin berada di berbagai jenis media sosial", jelas Dr. Klock. Ponsel Anda kemudian akan mengirimkan pengingat saat waktu Anda habis.

Apa pun yang Anda putuskan, semoga trik ini memungkinkan Anda untuk tetap bisa terhubung dengan keluarga dan teman. Anda pun tetap bisa mengikuti siklus berita selama 24 jam, sambil tetap menjaga kesehatan mental Anda. ***

 

Editor: Lutfi Yulisa

Sumber: Pop Sugar


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah