Penjelasan Deflasi Secara Pengertian, Penyebab, Dampak dan Contoh

- 16 Maret 2021, 17:38 WIB
Ilustrasi tejadi deflasi
Ilustrasi tejadi deflasi /Pixabay/viarami

PR Metro Lampung News-- Deflasi erat kaitannya dengan ekonomi sebuah negara, tapi masih banyak yang belum memahami lawan dari inflasi tersebut. Berikut penjelasan deflasi secara pengertian, penyebab, dampak dan contoh nyatanya.

Keadaan negara yang mengalami deflasi juga bisa berdampak pada ekonomi masyarakat yang jika diartikan adalah keadaan yang menunjukkan daya beli uang meningkat dalam masa tertentu karena jumlah uang yang beredar relatif lebih kecil daripada jumlah barang dan jasa yang tersedia.

Jika dimaknai secara nyata, deflasi bisa juga memiliki pengertian terjadinya penurunan harga-harga barang dan jasa secara terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Pengertian Urbanisasi Lengkap Penjelasan

Dari sisi konsumen, deflasi bisa dilihat sebagai situasi yang menguntungkan karena ketika deflasi terjadi harga barang jadi lebih murah sehingga pengeluaran bisa lebih ditekan.

Tapi, dari sisi produsen, deflasi bisa berdampak buruk karena terkait dengan biaya produksi yang tidak sesuai dengan pendapatan.

Dampaknya adalah amat mungkin terjadinya pemutusan hubungan kerja untuk menekan biaya produksi bahkan jika deflasi terus-menerus terjadi maka tenaga kerja juga yang akan terkena dampak PHK massal.

Baca Juga: Profil Biodata Ovi Dian Ini Agama, Umur, dan Medsos Si Artis dan Presenter Tajir Melintir Sedang Viral

Sedangkan penyebabnya, adalah banyaknya barang yang sama yang diproduksi dalam waktu yang sama pula sehingga membuat harga barang menjadi turun.

Halaman:

Editor: Lutfi Yulisa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x