Syarat dan Jadwal Daftar SBMPTN/UTBK 2021 Buat Calon Mahasiwa Baru

- 14 Desember 2020, 16:27 WIB
Sosialisasi SNMPTN UTBK dan SBMPTN 2021
Sosialisasi SNMPTN UTBK dan SBMPTN 2021 /Twitter LPMPT/

PR Metro Lampung News-- Syarat dan jadwal daftar jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) dan dapat mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021 telah dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Info Syarat dan jadwal SBMPTN atau UTBK 2021 harus diketahuai secara detil oleh para calon mahasiswa baru. 

Peserta yang ingin mendaftarkan diri lewat jalur SBMPTN juga harus memenuhi semua persyaratan. Selain itu harus tau juga jadwal rinciannya untuk tahap-tahap mengikuti jalur SBMPTN dan jadwal UTBK 2021

Terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi peserta dikutip dari laman resmi LTMPT antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Cara dan Tahapan Pendaftaran SNMPTN 2021, Registrasi Dibuka 4 Januari

Syarat daftar jalur SBMPTN, sehingga bisa ikut UTBK 2021

1. Memiliki Ijazah bagi lulusan 2 tahun sebelumnya
Syarat ini khusus bagi peserta lulusan SMA dan sederajat tahun 2019 dan 2020. Mereka harus sudah memiliki ijazah agar dapat mendaftar SBMPTN 2021.

Begitu pula untuk siswa lulusan sekolah luar negeri. Ijazah yang didapatkan harus disetarakan dengan ijazah sesuai sekolah di Indonesia.

2. Mengikuti tes seleksi
Berikutnya, peserta yang boleh mendaftar SBMPTN adalah yang sudah mengikuti tes UTBK. Sebab, nilai UTBK yang akan dipakai dalam proses seleksi jalur SBMPTN 2021.

3. Sehat jasmani dan rohani
Syarat ketiga ini dibuat agar peserta SBMPTN yang nantinya diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dapat belajar dengan kondisi sehat. Supaya tidak mengganggu proses pembelajaran di kampus.

4. Wajib mengunggah portofolio
Syarat ini dikhususkan bagi peserta SBMPTN yang mengambil jurusan atau program studi (prodi) bidang seni dan olahraga. Mereka harus mengunggah portofolio berkaitan dengan masing-masing bidang tersebut.

Halaman:

Editor: Alfanny Pratama

Sumber: LTMPT


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x